Fri. Nov 15th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Pelantikan Kepengurusan Perhimpunan Warakawuri Katolik Keuskupan Agung Pontianak

Bertempat di Gereja Katedral Santo Yoseph Pontianak pada hari Senin, 21 Oktober 2019 telah berlangsung perayaan istimewa dalam Gereja Katolik Keuskupan Agung Pontianak, terutama bagi Perhimpunan Warakawuri Katolik (PWK) Santa Monika Koordinasi Cabang-Cabang Keuskupan Agung Pontianak, yaitu Pelantikan Kepengurusan Perhimpunan Warakawuri Katolik Keuskupan Agung Pontianak periode 2019 – 2022.

Menurut Ketua Perhimpunan Warakawuri Katolik Santa Monika Nasional, Maria Katarina Susanti Syamsudin, keteladanan dan ketekunan dalam doa menjadi alasan mengapa memilih Santa Monika menjadi pelindung Perhimpunan Warakawuri Katolik tersebut.

“Santa Monika adalah seorang pendoa, seorang ibu dari Santo Agustinus dan istri dari Santo Patrisius. Agustinus adalah anak nakal dan pemabuk serta Patrisius seorang penjudi. Tetapi, Agustinus akhirnya menjadi seorang santo berkat ketekunan doa Santa Monika selama bertahun-tahun,” jelasnya.

Perhimpunan Warakawuri Katolik (PWK) Santa Monika didirikan oleh Angela Maria Renakarin pada tahun 1982 dengan tujuan untuk menghimpun para janda di manapun mereka berada terutama di paroki-paroki sehingga para janda tidak merasa kesepian setelah ditinggalkan oleh suami yg dikasihinya. Para janda bisa bertemu, berkumpul, bergembira, dan berbagi dalam perhimpunan tersebut.

“Kadang-kadang kalau kita sudah seorang diri dan anak-anak tidak punya waktu untuk kita, maka kita perlu bergabung dengan teman-teman yang senasib dengan kita,” ungkap Maria Katarina Susanti Syamsudin.

Pelantikan Kepengurusan Perhimpunan Warakawuri Katolik Keuskupan Agung Pontianak ini diawali dengan perayaan syukur yang dipimpin oleh Uskup Agung Pontianak Mgr Agustinus Agus didampingi oleh Moderator PKW Keuskupan Agung Pontianak Pastor Fransiskus Kebry CM, Pastor Ignatius Warsito OFMCap, dan Pastor Herbertus Hermes Abet Pr.

Dalam perayaan syukur tersebut, para pengurus PWK Santa Monika yang akan dilantik membacakan janji kepengurusan, Kemudian, Ketua PWK Santa Monika Nasional melantik kepengurusan baru tersebut yang ditandai dengan tanda tangan ketua baru dalam surat keputusan. Setelah itu, Mgr Agus memberkati para pengurus yang baru dilantik. Pada akhir prosesi pelantikan tersebut, seluruh anggota PWK Santa Monika menyanyikan lagu Mars PWK.

Harapan untuk Kepengurusan Perhimpunan Warakawuri Katolik Santa Monika Keuskupan Agung Pontianak yang baru disampaikan oleh Petronela Nelawati.

Ketua Baru PWK Santa Monika Keuskupan Agung Pontianak ini mengungkapkan bahwa visi PWK adalah Melayani dengan Kasih Kritus, sedangkan salah satu misi PWK adalah mewujudkan agar setiap paroki tergabung dan membentuk cabang PWK Santa Monika.

“Saya sangat mengharapkan supaya di dalam kepengurusan yg baru bisa bekerja sama untuk mengembangkan PWK Santa Monika di wilayah Keuskupan Agung Pontianak,” ungkapnya.

Setelah berkat penutup, seluruh biarawan-biarawati dan tamu undangan diajak untuk mengikuti acara ramah tamah di Gedung Pasifikus.

Dalam kata sambutannya, Mgr Agus mengungkapkan bahwa perlunya untuk memperkuatkan diri bagi para warakawuri yang berperan sebagai single mother.

“Dalam konteks ini, kebersamaan dengan teman itu sangat penting. Ketika berbagi suka duka bersama teman, kita sudah merasa dikuatkan serta kekuatan kita juga berasal dari Tuhan,” ungkap uskup yang piawai dalam berpantun ini. (*) Sela-VKomsosKAP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak