Ming. Jun 16th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

FKRK Adakan Kursus Gabungan Novis Lintas Ordo/Tarekat se-Kalimantan Barat

Forum Kerjasama Religius Kalimantan Barat (FKRK) kembali mengelar program ongoing formation tahunannya, yakni pembinaan khusus bagi religius muda lintas ordo/tarekat religius di Kalbar. Kali ini program pembinaan dikhususkan bagi para Novis  yang diberi nama Kursus Gabungan Novis (KGN).

Kursus gabungan bagi religius muda yang masih dalam tahap formatio ini berlangsung kurang lebih 10 hari ke depan dari tanggal 9-19 Maret 2019 di Wisma Immaculata Komplek Susteran SFIC-belakang Katedral St. Yosef Pontianak.

KGN diikuti 31Novis yang terdiri dari 14 novis ordo Kapusin, 4 novis Kongregasi SFIC, 7 novis Kongregasi SMFA dan 6 novis Kongregasi KFS.

Selain bertujuan untuk memperkenalkan apa itu FKRK kepada tunas-tunas muda, forum yang juga disebut wadah komunikasi persaudaraan antar kaum religius ini juga hendak menanamkan semangat persaudaraan dan bagaimana menjalin kerjasama yang baik antar ordo/tarekat sejak dini.

Menurut ketua panitia KGN, Sr. Gabriela OSA, kursus ini diikuti oleh 31 Novis yang terdiri dari 14 novis ordo Kapusin, 4 novis Kongregasi SFIC, 7 novis Kongregasi SMFA dan 6 novis Kongregasi KFS.

Biarawati dari Ordo St. Agustinus ini juga mengatakan bahwa selama 10 hari ke depan mereka akan mengikuti acara harian kurang lebih seperti di novisiat dan mereka juga akan mengikuti beberpa pelajaran yang akan didampingi oleh para narasumber seperti: Pendalaman Kitab Suci oleh Pastor Paulus Toni OFMCap, tentang Spiritual Hidup Kristiani dan Religius oleh Sr. Modesta SMFA dan Hidup Religius dalam Pandangan Teologi Moral oleh Pastor William Chang OFMCap.

Minister Provinsial Kapusin Pontianak, Pastor Hermanus Mayong OFMCap memimpin perayaan Ekaristi pembukaan KGN dan didampingi oleh magister novis ordo Kapusin, Pastor Gabriel Marsel OFMCap.

KGN dibuka dengan perayaan Ekaristi di Kapel Wisma Immaculata pada pukul 08.00 Wib yang dipimpin oleh Minister Provinsial Kapusin Pontianak, Pastor Hermanus Mayong OFMCap dan didampingi oleh Magister Novis Ordo Kapusin, Pastor Gabriel Marsel OFMCap.

Hadir juga para pengurus FKRK yakni Pemimpin Umum Kongregasi SMFA, Sr. Kristina (anggota), Sr. Provinsial Kongregasi SFIC, Sr. Irene (bendahara) dan para magister/magistra novis. Sedangkan ketua FKRK, Bruder Rafael MTB berhalangan hadir pada saat misa pembukaan.

Dalam homilinya, Pastor Hermanus Mayong mengatakan kepada para novis bahwa masa novisiat adalah masa yang indah dalam hidup religius. Masa awal bagi seorang religius untuk mengenal cara hidup suatu tarekat melalui berbagai kegiatan seperti doa, belajar, bekerja, rekreasi dan sebagainya.

“Masa novisiat itu adalah masa-masa paling indah dalam hidup religius, maka pergunakanlah masa yang indah itu dengan sebaik-baiknya agar panggilan semakin diteguhkan, iman semakin dikuatkan dan persaudaraan semakin dieratkan,”ungkapnya seraya berharap bahwa kehadiran kaum religius khususnya tunas muda ini kelak akan menjadi tanda unggul dalam gereja.

Kiri-duduk: P. Paulus Toni OFMCap, P. Gabriel Marsel OFMCap dan Sr. Gabriela OSA.

Imam Kapusin yang juga masuk jajaran pengurus FKRK Periode 2018-2021 sebagai sekretaris ini mengucapkan terima kasih kepada para novis yang mau memilih hidup religius di zaman modern ini di tengah aneka tawaran yang menarik. Hal ini disampaikannya bertepatan dengan masa prapaskah, yakni ajakan untuk menahan diri dari aneka godaan.“Jangan sampai kenyamanan mengalahkan imanmu,”ungkapnya mengakhiri homili.

Setelah berkat penutup, panitia KGN mengajak para pengurus FKRK, para pembina novis beserta para novis untuk berfoto bersama. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan pelajaran pendalaman Kitab Suci bersama Pastor Paulus Toni OFMCap.

By. Sr. Maria Seba SFIC

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.