Thu. Sep 19th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

HOMK-KAP 2 2019: OMK yang Bersemangat Jadi Tulang Punggung Gereja

SAYA tidak takut akan masa depan Gereja Katolik, ketika hari ini saya melihat semangat Orang Muda Katolik yang berkobar bak suluh yang tak terpadamkan.”

Ungkapan haru Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus ini disampaikannya ketika memimpin perayaan misa penutupan kegiatan Hari Orang Muda Katolik Keuskupan Agung Pontianak yang ke-2 (HOMK-KAP 2) pada tanggal 12 Juli 2019  yang lalu.

Hadir pula di altar Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Pontianak Pastor Yosep Maswardi Pr, Ketua Panitia HOMKKAP 2 Pastor Arsenius Viccar CSE dan 22 imam konselebran beserta Diakon Petrus Gato SVD.

Mgr. Agus bersama para imam konselebran dan putra-putri altar.

Perayaan Ekaristi penutupan kegiatan dengan slogan atau hastag #saekao #omkasik ini diawali dengan Ibadat Perziarahan OMK. Dalam ibadat ini masing-masing perwakilan kampung memasukan intensi doa ke dalam buluh yang akan dipersembahkan dalam misa penutupan.

Dalam sambutannya, Uskup Agus menyampaikan rasa bangga akan partisipasi aktif Orang Muda Katolik dalam hidup menggereja di era digital ini.

Zaman digital

Uskup berpendapat bahwa tantangan duniawi yang dihadapi oleh orang muda di era digital saat ini sangat kompleks. Oleh karena itu  orang muda harus berani membuat terobosan-terobosan baru dan mampu menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi.

Masa depan Gereja terletak di pundak OMK yang bersemangat

“Untuk menjawab tantangan zaman digital ini, orang muda perlu membekalkan diri dengan hidup keagamaan yang baik, pengetahuan umum dan pengetahuan seputar hidup menggereja agar mampu menghidupi  imannya dan pengembangkan diri, salah satunya melalui kegiatan HOMKKAP ini,” ungkap Monsinyur.

Temu akbar OMK se-Keuskupan Agung Pontianak yang ke-2 atau dikenal dengan HOMK-KAP 2 ini diikuti sekitar seribu lebih pesertan termasuk panitia yang dilaksanakan di Pusat Kerohanian Katolik Shanti Bhuana Bandol dari tanggal 9-12 Juli 2019.

Antusiasme OMK

Ajang perjumpaan OMK yang mengusung tema “Inilah Aku, Utuslah Aku” (Yesaya 6:8) ini diprakarsai oleh Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Pontianak yang bekerjasama dengan segenap panitia, para pastor moderator OMK dari 29 Paroki, dan para pendamping OMK se-Keuskupan Agung Pontianak.

Perarakan misa penutupan HOMKKAP 2 2019

Menurut Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Pontianak, Pastor Yosep Maswardi Pr, animo peserta HOMKKAP 2 ini sungguh luar biasa. Hal ini bisa dilihat dari jumlah dan antusias peserta yang datang dari berbagai paroki. Para peserta utusan dari tiap-tiap paroki ini dibagi dalam tiga kelompok besar yang disebut ‘Kampung’ yakni; Kampung Orang Muda, Kampung Iman dan Kampung Panggilan.

Sukacita perutusan para peserta HOMK-KAP 2 berjabat tangan dengan Mgr. Agus

“Peserta HOMKKAP 2 kita bagi dalam tiga kampung besar. Setiap kampung terdiri dari sepuluh keluarga, satu keluarga terdiri dari tiga puluh anggota yang didampingi oleh masing-masing kepala keluarga,”ungkapnya seraya menambahkan bahwa konsep pembagian kelompok ini mengadopsi konsep perhelatan Jambore Sekami Nasional (JAMNAS) yang dilaksanakan di Pontianak 2018 yang lalu. 

Pelaksanaan HOMKKAP 2 ini dikemas dalam tiga konsep katekese iman yakni;

  1. Selebrasi dalam doa, ekaristi, pengakuan dosa, katekese, pentas seni
  2. Animasi meliputi welcoming night, expo panggilan
  3. Edukasi seperti seminar, dialog dan refleksi.

Kesan bangga juga diungkapkan oleh ketua panitia HOMKKAP 2, Pastor Arsenius Viccar CSE.

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dari Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus beserta para pastor, para moderator OMK, pendamping OMK dan para panitia sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik.

Expo Panggilan kegiatan HOMKKAP 2 2019

“Suksesnya kegiatan HOMKKAP 2 ini berkat dukungan banyak pihak. Saya tidak bekerja sendiri, namun saya didukung dan dikelilingi oleh orang-orang hebat. Secara khusus saya mengucapkan terima kasih kepada Mgr. Agus yang telah mempercayakan Pusat Kerohanian Katolik Shanti Bhuana Bandol sebagai tempat berlangsungnya HOMKKAP 2 ini. Dan Monsinyur dari acara pembukaan hingga penutupan kegiatan ini tetap hadir memberi semangat dan dukungan,” ungkapnya.

Ungkapan manis disampaikan oleh perwakilan dari salah satu peserta HOMKKAP, Jeremi John Vergheese.

Pelepasan nametag peserta HOMKKAP 2 2019 oleh Mgr. Agustinus Agus

Vokalis theme song HOMKKAP 2 yang akrab disapa JJ ini mengungkapkan pesan dan harapannya yakni semoga OMK selalu kompak dalam iman, harapan, dan dalam karya pelayanan gereja.

“Saya bersyukur dengan mengikuti kegiatan ini, saya diperkaya dengan berbagai pengalaman iman dari teman-teman OMK yang berasal dari berbagai Paroki. Dan semoga OMK selalu semangat dalam pelayanan dan setia dalam iman Katolik,”ungkapnya. 

Setelah misa penutupan, diadakan prosesi penyalaan lilin simbol perutusan, pelepasan nametag peserta dan pelepasan spanduk HOMKKAP 2 2019 oleh Mgr. Agustinus Agus, didampingi oleh Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Pontianak, Pastor Yosep Maswardi Pr, Ketua Panitia HOMKKAP 2, Pastor Arsenius Viccar CSE, dua imam utusan dari Keuskupan Ketapang, Pastor Hendrikus Yusri Basri Rius Pr dan Pastor Fransiscus Suandi Pr beserta utusan OMK dari Keuskupan Sanggau.

By Sr. Maria Seba SFIC

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak