Ming. Jun 16th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Mgr. Agustinus Agus Berkati Gedung TK Kartini Susteran SMFA Pontianak

BERSAMA Pastor John Rustam dari Gereja Paroki MRPD – Pancasila dan Romo Astonto CM dari Gereja  Paroki Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak, Bapak Uskup Agung Keuskupan Agung Pontianak (KAP) datang memberkati  gedung baru TK Kartini. Gedung sekolah baru ini terletak di areal kompleks Biara Boerdonk Susteran SMFA di Jl. Danau Sentarum 75, Kota Pontianak.

 Acara pemberkatan gedung lantai dua  oleh Mgr. Agustinus Agus dibantu  Pastor John Rustam Pastor Paroki MRPD Pancasila.

 Prosesi pemberkatan ini  terjadi  bertepatan dengan peringatan Pesta Santo Polikarpus – Uskup dan Martir.

Mgr. Agustinus Agus Pr memberkati salib yang akan dipasang di ruangan kelas TK.

Kerasulan pendidikan anak usia dini

Pemberkatan Gedung PAUD Terpadu  Kartini Pontianak ini mengambil tema “Dengan Semangat Kasih dan Persaudaraan, Kita Membentuk Anak yang Berkarakter”.

 Masa depan anak didik di PAUD Terpadu Kartini Pontianak ini ditentukan oleh apa yang dilakukannya sekarang, hari ini, dan detik ini.

Orang tua menyekolahkan anak-anaknya, membiayai pendidikan mereka betapa pun mahalnya. Mereka ingin diterima masuk di sekolah–sekolah  yang baik.

Dari anak–anak  itu sendiri diharapkan seperti ini: bisa  menggunakan kesempatan sekarang untuk belajar dengan tekun dan rajin, bekerja dengan baik guna mempersiapkan hari esok. 

Tabungan masa depan

Belajar tekun dan bekerja rajin itu merupakan tabungan tak ternilai untuk masa yang akan datang. Orang malas tidak akan memetik hasil, sebaliknya orang yang tekun akan memperoleh hasil berlimpah.

Acara pemberkatan ini  bangunan gedung baru TK Kartini Pontianak berlangsung dengan iringan lagu–lagu yang dibawakan oleh para suster Aspiran, Postulan, dan Novis SMFA Pontianak.

Gereja turun ke “pasar’

Dalam homilinya, Mgr. Agustinus menekankan perihal ini.   Yesus mengajar tiga muridNya bahwa Dia harus  menderita. Belajar dari penderitaan Yesus, Uskup lalu mengutip pesan alm. Romo Mangun: “Gereja harus berani turun ke pasar”.

Realitas hidup itulah yang harus dihadapi;  bukan tenggelam di sana, tetapi Gereja harus mampu kembali ke altar.  Dari Gunung Tabor turun ke lembah.

Suster SMFA telah menjawab kebutuhan masyarakat dengan membuka TK Kartini dan ikut berkomitkmen menyiapkan masa depan orang muda. Pelayanan ini adalah persembahan hidup dan jangan melayani karena minta puji.

Gereja zaman now kini menghadapi tantangan di pasar dan kembali ke altar untuk mencari kekuatan dan petunjuk Tuhan.

Dukungan Gereja

Pada akhir homilinya, Mgr. Agustinus mengucapkan terimakasih kepada Kongregasi SMFA yang telah mengambil bagian dunia pendidikan.

Gereja wajib mendukung pendidikan dan wajib memajukan manusia sekaligus Mgr. Agustinus membujuk Kongregasi SMFA untuk terlibat di dunia pendidikan formal dan non formal di Paroki Serimbu.

Tercetus bahwa pada tanggal 4 Maret 2019 akan berlangsung acara perletakan batu pertama  oleh Bupati Landak.  Ada program pembangunan  pembangunan asrama, susteran, dan aula untuk Kongregasi SMFA.

Acara simbolis

Sebelum dilangsungkan acara pemberkatan diadakan acara penyerahan kunci secara simbolis, sehingga pintu–pintu  sekolah dapat dibuka. Lalu Uskup didampingi para pelayan liturgi dan Kepala sekolah berdiri menghadap pintu utama gedung dan berdoa.

Pemimpin Umum  Kongregasi Suster SMFA Sr. Kristina  Unau SMFA mengatakan  berikut ini.

“Kongregasi SMFA senantiasa ingin  peduli dengan kerasulan pendidikan. Saya tidak ingin lupa mengucapkan terimakasih secara khusus  kepada Kongregasi Bruder MTB atas dukungan awal berdirinya TK KARTINI yang saat awal masih bernaung di bawah Yayasan MTB,” ungkapnya.

“Kini, Kongregasi SMFA telah memiliki yayasan mandiri  yang disingkat PERRAK (Perutusan untuk Rakyat),” ungkapnya lebih lanjut.

Pada akhir kata sambutannya, Sr. Kristina secara simbolis menyerahkan kunci gedung baru sekolah kepada Sr. Martha Liana SMFA, Kepala Sekolah TK Kartini.

“Saya percayakan gedung sekolah ini untuk dipergunakan mendidik anak-anak bangsa,” tegas Sr. Kristina SMFA.

“Selamat atas berdirinya gedung baru TK Kartini. Maka  didiklah anak-anak usia dini ini secara baik dan tanamkan nilai–nilai moral,” tambahnya kemudian.

Pesan moral ini tentu saja ditujukan kepada suster SMFA yang bertugas melayani TK Kartini: Sr. Martha SMFA, Sr. Adriane SMFA, Sr. Mariana SMFA, Sr. Yohana SMFA, dan Sr. Yuni SMFA.

By. Sr. Kresentia SMFA

Diolah dari sumber: Sesawi.net 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.