Mon. Oct 14th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Paroki St. Augustinus dan Mattias Darit: 530 OMK Ikuti Temu Raya ke-4

Dusun Sagunting Date, Kecamatan Menyuke, Kabupaten Landak,  Paroki St Augustinus dan Mattias Darit Keuskupan Agung Pontianak mendapat kedatangan ratusan  tamu istimewa.  Mereka adalah Orang Muda Katolik yang datang dari berbagai kampung dan semuanya bersemangat ingin mengikuti kegiatan Temu Raya OMK ke-4.   

Bertepatan dengan kegiatan temu akbar OMK se-Paroki  ini pula, saya sempat menemui Pastor Bento MSC yang saat ini  bertugas di Bukit Hati Kudus Setolo Darit dan menjadi pembina OMK Paroki St. Augustinus dan Mattias Darit.

Menurut Pastor Bento MSC,  acara Temu Raya OMK ini sudah eksis sejak sejak 2017. Setiap tahun acara ini selalu dilaksanakan pada pertengahan tahun seiring dengan kegiatan anak -anak mengisi liburan sekolah

Untuk mengisi liburan sekolah dan acara kemping rohani, Pastor dan para Ketua OMK lalu berinisiatif untuk mengumpulkan anak-anak muda dari berbagai kampung untuk mengisi dengan kegiatan rohani. Dalam kegiatan tersebut, mereka mengisinya dengan lomba menari, pertandingan bola volly, bola kaki, dan outbound.

Walaupun kegiatan ini berlangsung setiap tahun, namun setiap tahun itu pula dusun atau stasi yang menjadi tuan rumah selalu berganti-ganti dan berbeda.

Kegiatan ini sangat menarik, karena para  peserta tinggal di lokasi inap yang dinamakan “kampung”. Dan kampung itu adalah  rumah-rumah umat yang berada tidak jauh dari lokasi acara.

Di situ, mereka  menginap selama 3 hari 3 malam

Untuk mengumpulkan Peseta sebanyak ini apa kendalanya?

Menurut pendapat pastor Bento mereka kerap kali mengatakan bahwa di stasi mereka tidak ada OMK yang bisa mengikuti Kegiatan seperti ini.

Ketika banyak dari stasi yang mengatakan hal itu, Pastor Bento MSC sempat Ragu dan bertanya apa Benar yang di katakan mereka?

Dengan keyakinan yang teguh dan semangat yang tak pernah padam

Pastor Bento Berserah pada Bunda Maria dan Hati Kudus Yesus

ternyata di hari yang di nanti – nantikan mujizat Tuhan terjadi  yakni ada 530 peserta yang mendaftarkan diri untuk mengikuti Temu Raya OMK ke-4 ini.

By. Sr. Ludovika OSA-sesawinet

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak