Mon. Nov 11th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Peresmian Gedung TK Kartini Suster SMFA Pontianak bersama Dr. Hj Janieta Arbiastutie

LOKASI gedung baru TK Kartini ini terletak di tepi jaan raya Danau Sentarum 75 dan berada di dalam kompleks Biara Boerdonk Susteran SMFA Pontianak. Bangunan gedung awal sudah berdiri sejak tahun 2005. Ide besar membangun gedung sekolah baru ini berawal dari  karya kecil Komunitas Boerdonk SMFA Pontianak yang ingin menyentuh pelayanan masyarakat kelas menengah ke bawah,. Maka di awal karya ini, segera dibukalah Taman Bermain Kartini  (playgroup) pada tanggal 1 Agustus 2005.

Prasasti ditangani oleh Ibu Dr. Dra. Hj. Janieta Arbiastutie, Apt, MM, Msc. Bunda PAUD Pontianak kota dan Sr. Kristina Unau Seni, SMFA Pemimpin Umum SMFA Pontianak.

Hari–hari pertama sampai satu pekan pertama, baru ada 3 orang murid.  Dengan kepercayaan besar akan adanya Penyelenggaraan Ilahi, maka apa yang sudah dimulai teruskan saja. Murid pertama Taman Bermain Kartini adalah  Adam.

Pekan pertama dan sebagai guru,  Sr. Fulgentia Muku SMFA dan Sr. Marta Banta SMFA hanya mengajar 3 orang murid. Puji Tuhan, pekan kedua jumlah murid  sudah bertambah menjadi 7 orang dan dalam kurun waktu  sebulan, jumlah murid sudah berjumlah 19 orang.

Taman Kanak–kanak Kartini  adalah jenis Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang terdiri Taman Kanak–kanak  (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA). Dari tahun ke tahun murid yang masuk TK Kartini terus bertambah.

Saat ini, TK Kartini telah menamatkan lima angkatan, dengan jumlah guru yang mengajar di TK Kartini 4 orang: satu menjadi  kepala sekolah, dua orang guru kelas, satu orang guru bahasa Mandarin dan empat orang guru Kelompok Bermain (KB). 

Foto bersama: dengan anak–anak dan dewan guru TK Kartini.

Seiringnya waktu, pada tanggal 27 Maret 2014 Taman Kanak–Kanak Kartini memperoleh izin operasonal dari  Dinas Pendidikan Kota Pontianak.

Beralamatkan  di Jalan Danau Sentarum 75 Pontianak, Kec. Pontianak Kota, itulah TK Kartini.

Ketika izin    operasional TK Kartini masih bernaung di bawah Yayasan  Pendidikan Sekolah Bruder Pontianak. Dengan demikian, kami sungguh berterimakasih atas kemurahan hati para Bruder MTB yang telah berkenan menjadi tempat bernaung Taman Kanak–Kanak Kartini  dan telah bekerjasama yang baik para Suster SMFA Pontianak.

 Pada tanggal 23 Februari 2019, pukul 09.00 WIB,  pembangunan gedung baru TK Kartini diresmikan oleh Ibu Dr. Dra. Hj. Janieta Arbiastutie, Apt, MM, Msc. Bunda PAUD Kota Pontianak.

Rombongan  Bunda  PAUD  disambut dengan perarakan menuju tempat acara. Beliau dan rombongan dituntun dengan tarian Dayak anak–anak dan  parade anak–anak TK Kartini yang berpakaian adat Dayak, Melayu, China, Jawa, Batak, Bali, Flores, dan Madura.

Anak-anak berbaris di depan rombongan secara berpasangan menuju ke tempat  yang telah disediakan utuk upacara peresmian.

Untuk mencairkan suasana formal, pada saat rombongan sampai di kursi masing–masing, anak–anak TK Kartini bernyanyi bersama lagu Sungai Kapuas khas lagu Pontianak  dan mars PAUD.

Dalam kata sambutan, beliau menegaskan pentingnya selalu menjaga kualitas  dan kedisplinan. Itu dikatakan oleh Bunda Paud yang  tak lain adalah SD Suster.

“Zaman Belanda, para murid hasil didikan para suster itu terkenal punya karakter diri sangat displin dan berkualitas. Hal yang sama sudah pasti juga masih ada pada TK Kartini di mana anak-anak itu merupakan buah didikan para suster SMFA,” harapnya.

BUNDA PAUD foto bersama Sr. Kristina SMFA, Pemimpin Umum SMFA dan Sr. Martha Liana SMFA Kepala Sekolah TK Kartini Pontianak

Selanjutnya, Bunda PAUD berharap dan berpesan kepada KASI PAUD Kota Pontianak agar TK Kartini berkoordinasi dengan Dinas untuk dijadikan role model PAUD kota Pontianak, karena gedung sekolah TK Kartini telah memenuhi standar.

Gedung baru TK Kartini ini berlantai dua.  Lantai 1 terdiri  empat ruang kelas dan lantai dua  terdiri dari aula dan dua ruang kelas.

Ikut hadir dalam acara peresmian gedung TK Kartini ini adalah KASI PAUD Kota Pontiank, Ketua K3TK, Ketua IGTKI Kota Pontianak, Pengurus IGTKI dan sejumlah Kepala Sekolah TK Kota dan Bapak RT tempat lokasi TK Kartini berlokasi.

 Penandatangan Prasasti, Bunda PAUD yang didampingi para Suster SMFA, Pemimpin Umum SMFA, Kepala TK Kartini dan Pengurus  Panitia inti menuju ke depan pintu gedung sekolah yang akan diresmikan. Sepasang anak berpakaian adat Melayu membawa baki berisi gunting dan pulpen tinta emas untuk mengunting pita dan  penandatanganan prasasti di dalam sekolah.

By. Sr. Kresentia SMFA

Diolah dari sumber Sesawi.net

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak