Berkat dan Peresmian Gereja Katolik St. Efrem

Sabtu 17 Maret 2018, Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus melakukan kunjungan kegembalaannya di Stasi Sibawek Paroki St. Yusuf Karangan untuk memberkati gereja Katolik Santo Efrem.

PROSESI PEMOTONGAN BAMBU OLEH MGR. AGUS (USKUP AGUNG PONTIANAK)

Kedatangan Uskup Agus disambut dengan upacara adat yang dikemas dalam bentuk tarian tradisional dan pemotongan bambu.

Di dampingi Pastor Ray Sale, OSJ (Pastor Paroki St. Yusuf Karangan), Pastor Marselinus Andi, Pr, Pastor Arsenius, CSE, dan Pastor Ruben Ruruk Sandalajuk, MSA, serta diakon Marsianus, CSE, Uskup Agus memulai prosesi pemberkatan gereja.

“Kehadiran gedung gereja yang baru ini akan mengokohkan persatuan kita sebagai umat,” kata Uskup Agus.

Uskup Agus mengatakan, di dalam gereja baru inilah kita akan melaksanakan amal bakti kepada Tuhan dan mendengarkan sabda-Nya dengan penuh iman.

Penandatangan prasasti oleh mgr. Agus

Menururt Uskup Agus, dengan adanya gereja ini, pembinaan iman umat akan lebih ditingkatkan. “Dan kita dapat berkembang menjadi kenisah (tempat) kediaman Roh Kudus khususnya di daerah stasi Sibawek ini,” tandas Uskup Agus.

Lalu Uskup Agus memberkti air yang akan digunakan untuk memberkati gereja. Usai pemberkatan gereja bagian luar,  camat Mempawah Hulu, Paolip, S.Pd  mewakili pemerintah menggunting pinta sebagai tanda peresmian gereja Santo Efrem, dan lanjutkan dengan pembukaan pintu gereja oleh tokoh umat setempat. Diiringi nyanyian yang dipersembahkan oleh Koor Stasi Sibawek, Uskupa Agus memerciki air untuk memberkati bagian dalam gereja.

prosesi pemberkatan gereja santo efrem OLEH MGR. AGUS

Sementara selubung papan nama gereja Santo Efrem dibuka oleh Pelaksana Tugas Bupati Landak, Herculanus Heriadi, SE.

Selanjutnya, umat diajak untuk mengikuti misa syukur atas pemberkatan dan peresmian gereja Katolik Santo Efrem. Hadir dalam misa tersebut : Drs. Cornelis,MH beserta isteri, Plt Bupati Landak, Camat Karangan, Ketua dan wakil ketua DPRD Landak, para suster serta undangan lainnya.

Ketua Panitia Pembangunan gereja, Atto menyampaikan ucapan terima kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembangunan gereja Santo Efrem. “Baik dari pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, para donatur, serta umat sekalian,” tandasnya.

Atto juga menyampaikan terima kasih kepada Almarhum Fr. Angelus, CSE yang semasa hidupnya begitu banyak membantu panitia sehingga gereja ini dapat berdiri saat ini.

Pastor Paroki Santo Yusuf Karangan, Pastor Ray Sales, OSJ menyampaikan ucapan terima kasih kepada Uskup Agus yang berkenan hadir untuk menyapa sekaligus memberkati gereja Santo Efrem.

 

PEMOTONGAN PITA OLEH PAOLIP, S.PD (CAMAT MEMPAWAH HULU)

“Semoga kehadiran Uskup dan gedung gereja ini semakin memotivasi umat di sini untuk lebih tekun dalam berdoa dan semakin rajin ke greja untuk beribadat,” ujar Pastor Ray.

Plt. Bupati Landak meminta umat menjaga dan merawat gereja dan lokasi sekitar gereja agar tetap nyaman dipakai sebagai tempat untuk beribadat.  

BERKAT AIR OLEH MGR. AGUS

Sebagai informasi, gereja Katolik Santo Efrem dibangun dengan ukuran 12 X 24 meter. Pembangunannya dimulai sejak Oktober 2015 dan baru bisa diberkati serta diresmikan pada Maret 2018 ini. Biaya yang dihabiskan kurang lebih 800 juta rupiah.

Usai misa syukur,  dilakukan penandatangan prasasti oleh Uskup Agus dan Plt Bupati Landak.

Selanjutnya seluruh yang hadir diajak untuk santap malam bersama, sembari dihibur dengan berbagai atraksi kesenian.

PENGALUNGAN BUNGA SAMBUT KEDATANGAN MGR. AGUS

Pada kesempatan itu, Uskup Agus berkenan menghibur umat dengan membawakan beberapa lagu. Umat terlihat merasa bahagia, sekaligus bangga dan kagum, bahwa Uskup mereka mau turun langsung menyapa umat di kampung-kampung.

Paul – Komsos KAP

GALERI FOTO PERESMIAN DAN BERKAT GEREJA SANTO EFREM

Tinggalkan Balasan