Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Parade Akbar Jambore Sekami di Paroki St. Fidelis Ambawang

Bertepatan dengan Hari Raya Penampakan Tuhan pada hari Minggu antara 2-8 Januari 2019 (Minggu pertama bulan Januari), Gereja juga merayakan Hari Anak Misioner Sedunia.

Perayaan Hari Anak Misioner yang resmi dideklarasikan oleh Paus Pius XII  pada tahun 1950 ini menjadi momen yang tepat bagi panitia Serikat Kepausan Anak-anak dan Remaja Misioner (SEKAMI) Paroki St. Fidelis Sungai Ambawang untuk mengadakan temu akbar yang diberi nama Jambore Sekami se-Paroki.

Seremonial parade dibuka oleh anggota DPD RI Provinsi Kalbar, Maria Goreti, S.Sos., M.Si. dengan simbol pengguntingan pita.

Kegiatan yang dihadiri 733 anak dan remaja ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 4-6 Januari 2019 di Stasi St. Klara, Korek. Pergelaran kegiatan dengan motto “Children Helping Children” ini diawali dengan parade meriah seluruh peserta yang dimulai dari SD 39 Korek.  Seremonial parade dibuka oleh anggota DPD RI Provinsi Kalbar, Maria Goreti, S.Sos., M.Si. dengan simbol pengguntingan pita.

Setelah itu seluruh peserta mengikuti misa pembukaan yang dipimpin oleh Pastor Paroki St. Fidelis Sungai Ambawang, Pastor Lukas Ahon CP. Menurut imam Kongregasi Passionis ini mengatakan bahwa semoga melalui pertemuan Jambore Sekami ini Paroki semakin maju dalam dan terdepan dalam pembinaan dan pembentukan karakter anak. “Asalkan kakak pembinanya kompak, bisa bekerjasama dan menjunjung tinggi kedisiplinan, maka harapan tersebut bisa kita wujudkan,”ungkapnya.

Suasana Misa pembukaan Jambore Sekami se-Paroki St. Fidelis Stasi Korek Ambawang.

Menurut ketua panitia, Cornelius Deny, kegiatan Jambore Sekami se-Paroki pada tahun ini cukup mengesankan. Hal ini tampak dalam jumlah peserta yang membludak dari tahun lalu. Dan jenis kegiatannya pun lebih beragam seperti; lomba mazmur, paduan suara, batutur Kitab Suci, kuiz rohani dan duta misioner.

Sukacita duta-duta misionaris cilik dalam kegiatan Jambore Sekami di se-Paroki St. Fidelis Sungai Ambawang.

“Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan sukses berkat dukungan semua pihak. Kami selaku panitia yang berjumlah 80 orang mengucapkan terima kasih kepada Pastor Paroki, Kakak-kakak Angel, para orangtua dan seluruh umat,”ungkap Cornelis Deny.

Jambore Sekami ditutup dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Vikjen KAP, P. William Chan OFMCap didampingi oleh  Pastor Paroki St. Fidelis Sungai Ambawang, Pastor Lukas Ahon CP.

By Alex, Volunteer Komsos KAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *