Sat. Nov 16th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Pontianak Tuan Rumah Kongnas KKKII Ke – III

Usai Rapat Pleno, semua panitia diajak untuk foto bersama Mgr. Agustinus, rapat ini kurang lebih dihadiri 70an orang panitia- Sumber Foto KOmsos KAP

Keuskupan Agung Pontianak akan menjadi tuan rumah Kongres Nasional Komunitas Kerasulan  Kerahiman Ilahi Indonesia (KKKII) ke- 3

Perhelatan tiga tahun sekali ini diagendakan tanggal 11-13 Oktober 2019. Untuk itu, akhir November 2018 lalu, Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi Keuskupan Agung Pontianak (KKKI-KAP) yang dimotori oleh Ny. Mariana Phang, telah melakukann audiensi dengan Uskup Agung Keuskupan Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus.

Dalam kesempatan audiensi itu, KKKI-KAP mendapat masukan dan support dari Uskup Agus terkait pelaksanaannya nanti. Uskup Agus berharap Panitia dapat bekerjasama dengan baik untuk mensukseskan perhelatan nasional ini.

Tema besar KONGNAS III- Sumber Panitia

KKKI-KAP sendiri sudah memutuskan untuk melaksanakan Novena mulai tanggal 8 Desember 2018 guna melancarkan Kongres Nasional KKKII ke-3. Titik awal Novena diadakan di Plaza Maria Gereja Santo Yosef Katedral Pontianak. Setelah itu, Novena akan dilanjutkan di sembilan Gereja Katolik di Pontianak.

Suasana foto bersama- Sumber foto KOmsos KAp

Selanjutnya pada tanggal 28 Maret 2019 lalu bertempat di gedung Pasifikus Pontianak telah dilangsungkan pula rapat pematangan pembentukan Panitia Pelaksana sekaligus pengarahan dari Pastor Moderator dan Ketua Umum serta pembagian sistem kerja panitia. Hasilnya akan disampaikan ke Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus, untuk disahkan dan di SK kan.

Kongres Nasional KKKII ke-3 diperkirakan akan dihadiri oleh 600 orang peserta kongres yang berasal dari 22 Keuskupan di Indonesia. Empat hotel yang akan gunakan oleh peserta, yaitu : Hotel Kapuas Palace, Hotel Orchadz, Hotel Neo, dan Hotel Star. Kegiatan utama akan dipusatkan di Hotel Kapuas Palace.

Panitia yang diketuai oleh Mariana Phang berharap agar seluruh anggota panitia yang sudah dibentuk dapat menjalin kerjasama yang baik, saling bahu-membahu dalam menyiapkan perhelatan nasional ini.

“Apalagi kita membawa nama Keuskupan Agung Pontianak. Tunjukkan bahwa kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dan menyenangkan,”pintanya.

Tindaklanjut dari sudah terbentuknya Panitia Pelaksana, maka tanggal 4 April 2019 (malam mini) di gedung Pasifikus Pontianak akan diadakan rapat pleno panitia sekaligus mendapat arahan dari Uskup Agung Pontianak, arahan dari Ketua Kongres Nasional I  Jakarta, dan arahan dari Ketua Kongres Nasional II Surabaya.

Mgr. Agustinus Agus Uskup Agung Pontianak beserta panitia sedang berdiskusi terkait KONGNAS III- Sumber Foto KomsosKAP

Sebagai informasi, gerakan rohani Kerahiman Ilahi (Divine Mercy) dimulai pertama kali di Polandia oleh seorang biarawati Katolik bernama Sr. Faustina Kowalska yang kemudian mendapat dukungan kuat dari Paus Yohanes Paulus II atau Paus Kerahiman (Mercy Pope).

Inti pokok ajaran Kerahiman Ilahi adalah Jesus Kristus telah mengajarkan bahwa manusia tidah hanya menerima dan mengalami belas-kasih Allah, tetapi juga dipanggil untuk mempraktekkan belas-kasih terhadap sesama manusia.

Gerakan Kerahiman Ilahi ini kemudian berkembang ke seluruh dunia dan telah menjadi satu gerakan rohani yang didukung secara penuh oleh Vatikan.

Di Indonesia, Komunitas Kerahiman Ilahi berkembang paling tidak sudah ada di 22 Keuskupan.

Di Keuskupan Agung Pontianak, Komunitas Kerahiman Ilahi lahir pada tanggal 26 November 2009 dengan nama awalnya Paguyuban Devosi Kerahiman Ilahi Keuskupan Agung Pontianak (PDKI-KAP) yang dikukuhkan melalui Perayaan Ekaristi di Gereja Gembala Baik Pontianak oleh Mgr. Hieronymus Bumbun, OFMCap, bersama beberapa imam.

Kemudian, tahun 2015 pada Pembukaan Tahun Yubelium Kerahiman Ilahi, Uskup Agung Keuskupan Agung Pontianak Pontianak, Mgr. Agustinus Agus membuka Pintu Suci Gereja Santo Yosef Katedral Pontianak dalam Perayaan Ekaristi kedua.

Sejak Januari 2016, Gereja  Santo Yosef Katedral Pontianak menjadi tempat bagi misa, adorasi dan devosi Kerahiman Ilahi. Kegiatan dilaksanakan pada  Jumat terakhir setiap bulannya.

Untuk menyamakan nama di seluruh Indonesia sebagai amanat dari keputusan Kongres Nasional KKK  ke-2 yang berlangsung di Empire Palace Surabaya tahun 2016 lalu,  maka Paguyuban Devosi Kerahiman Ilahi Keuskupan Agung Pontianak diubah namanya menjadi Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi Keuskupan Agung Pontianak (KKKI-KAP).

Sejak berdirinya hingga saat ini, sudah kerapkali KKKI-KAP melakukan kegiatan yang dampaknya dapat dirasakan langsung oleh umat dan masyarakat umum, diantaranya seperti: pelayanan pengobatan gratis.

Komunitas Kerasulan Kerahiman Ilahi Keuksupan Agung Pontianak(KKKI-KAP) kini sudah menginjak usia 9 tahun.  Saat ini  KKKI-KAP diketuai  Mariana Phang, dengan Pastor Moderatornya, Pastor Ambrosius, Pr.

Mari kita dukung dan doakan bersama, agar Kongres Nasional KKKII ke-3 di Pontianak dapat berjalan lancar dan sukses sesuai yang direncanakan.

Paulus Mashuri – Humas Panitia Kongnas KKKII ke -3 Pontianak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak