Mgr. Agustinus Agus Ajak 95 Partisipan Krisma di Paroki Katedral Pontianak Menjadi Agen Pemberani Pewarta Kebangkitan Kristus

Sakramen Krisma yang diterima oleh umat Katolik merupakan  tiga dari antaranya Sakramen Inisiasi yaitu Sakramen Baptis, Ekaristi dan Krisma. Dengan pengurapan suci yang diterima melalui upacara Sakramen Krisma oleh Uskup setempat, maka umat secara resmi dikukuhkan menjadi anggota Gereja Katolik secara penuh.

Bertepatan dengan hari raya Pentakosta pada Minggu Paska ke- 20 Mei 2018 yang lalu, telah berlangsung upacara penerimaan sakramen Krisma kepada 95 partisipan oleh Mgr. Agustinus Agus Pr di Gereja Katedral St. Yosef  Pontianak. Hadir bersama di altar Romo Alexius Alek Pr, Romo Yosef Maswardi Pr dan Romo Andreas Kurniawan OP.

Dalam homilinya Uskup berharap bahwa mereka yang telah menerima sakramen Krisma semakin dipenuhi dengan Roh Kudus sehingga semakin dewasa dalam iman serta berani menjadi saksi kebangkitan Kristus serta mampu mempertanggungjawabkan imannya dalam hidup sehari-hari dan dalam kegiatan menggereja. “Tugas anda sekalian adalah menjadi agen-agen pemberani dalam mewartakan kebangkitan Kristus dengan berbagai cara baik dalam tutur kata maupun tingkah laku” ungkapnya.

Menurut Mgr. Agus, memang cukup berat tanggungjawab ini. Tugas perutusan ini tentu mempunyai konsekuensi, apalagi menjadi saksi dalam situasi zamansekarang yang sedang ‘Sakit’ saat ini. Namun sebagai gembala yang baik ia mengajak seluruh umat agar percaya bahwa kekuatan Roh Kudus yang dicurahkan ke dalam hati mereka masing-masing memberi daya, kekuatan yang luar biasa, melampaui segala ketakutan, kecemasan, kekwatiran seperti yang diterima oleh para rasul dalam gereja perdana pada hari raya pentakosta. “Jangan takut untuk bersaksi sebab jaminan kita adalah Yesus sendiri. Dia yang akan menyertai kita sampai akhir zaman dan memberi kita jaminan hidup yang kekal,” ungkap Mgr. Agus mengakhiri homilinya.

Setelah upacara penerimaan Sakramen krisma oleh Mgr. Agus Pr, semua peserta diberikan kenang-kenagan berupa Rosario, Doa Kronka Kerahiman Ilahi, gambar Yesus dan photo kenangan bertanda tangan Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus Pr. Kemudian di akhir misa, setelah berkat penutup seluruh peserta berphoto bersama Uskup, para imam konselebran dan wali krisma.

By Sr. Maria Seba SFIC

Kredit Photo: Vincent Dimas

Sumber: Adiwardi

Tinggalkan Balasan