Bijak Berteknologi Menuju Kalimantan Baru

Demikian Tema Aksi Puasa Pembangunan untuk Regio Kalimantan tahun 2019. Pemilihan tema ini berangkat dari keprihatinan Gereja Katolik Indonesia terhadap persoalan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh sikap dan perilaku eksploitatif manusia demi akumulasi harta. Salah satu penyumbang persoalan lingkungan hidup adalah penyalahgunaan teknologi yang tidak memperhatikan dampak buruknya bagi lingkugan hidup. Oleh karena itu gerakan Aksi Puasa Pembangunan (APP) nasional 2019 mengangkat tema “Literasi Teknologi dan Keutuhaan Ciptaan”.

Dari tema nasional ini, oleh panitia APP Regio Kalimantan yang dimotori Komisi PSE Keuskupan Agung Pontianak menterjemahkannya ke dalam situasi lokal yang terjadi dan dialami oleh masyarakat di regio Kalimantan.  Hasil rapat panitia APP tanggal 5 September 2018 memutuskan tema APP Regio Kalimantan tahun 2019 adalah “ Bijak Berteknologi Menuju Kalimantan Baru”.

Br. Kris Tampajara MTB dan Pak Budi merekap hasil notulen Rapat Panitia APP 2019

Selanjutnya tema besar ini dioperasionalkan ke dalam 4 sub tema, yaitu : sub tema I : Tiada hari tanpa teknologi. Sub tema ini mau menggambarkan keseharian dari waktu yang dijalani oleh manusia itu tidak bisa lepas dari teknologi. Contoh, penggunaan gadget, penggunaan produk-produk kebutuhan harian (sabun, parfum, minyak goreng, dll). Dalam hal ini umat perlu diajak untuk menyadari hal-hal positif dari teknologi.

Sub tema II : Menghadirkan kembali kebijaksanaan Allah. Sub tema ini akan menguraikan bahwa kehadiran teknologi merupakan suatu anugerah Allah. Ada campur tangan Allah di situ. Oleh karena itu, kebijaksanaan Allah harus selalu dihadirkan dalam setiap teknologi yang kita gunakan. Ini mengandaikan kita perlu membangun sikap kritis dan cerdas atas kehadiran teknologi dan produk-produk hasil dari teknologi itu sendiri.

Sub tema III : Berteknologi dengan kritis dan cerdas. Sub tema ini mengajak umat untuk bertobat dari pilihan-pilihan yang keliru atas penggunaan teknologi dan produk-produk teknologi.

Sub tema IV: Berinovasi dalam pewartaan. Buah dari pertobatan adalah mampu memilih dan memilah sesuatu yang akan kita gunakan dengan tepat dan benar serta mengurangi resiko dan dampaknya bagi lingkungan sekitar. Umat diajak untuk menggunakan teknologi dan produk tekonologi yang ramah lingkungan. Bila perlu berinovasi dan berkreasi untuk menghasilkan produk-produk baru yang ramah lingkungan untuk melawan arus budaya meanstream.

Hadir dalam rapat panitia APP 2019 : Komisi PSE Keuskupan Agung Pontianak, Komisi PSE Keuskupan Sintang, Komisi PSE Keuskupan Ketapang, Komisi Liturgi Keuskupan Agung Pontianak, Pastor Moderator Mahasiswa, Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Pontianak, Komisi Komsos Keuskupan Agung Pontianak.

Tindaklanjut dari hasil pertemuan ini akan kembali dibicarakan pada tanggal 23 Oktober 2018 mendatang, bertempat di Kantor Komisi PSE Keuskupan Agung Pontianak, Jl. W.R. Supratman No. 100.

PM

 

Tinggalkan Balasan