Mgr. Agustinus Agus Pr Terimakan Sakramen Krisma dan Pemberkatan Gereja Emmanuel di Stasi Kelingkau Paroki Santo Yosep Pemangkat

Kunjungan Pastoral Mgr. Agustinus Agus Uskup Agung Pontianak kali ini dalam rangka memberkati Gereja Emmanuel Stasi Kelingkau Paroki Santo Yosep Pemangkat, sekaligus menerimakan Sakramen Krisma kepada 30 umat. Kedatangan Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus Pr disambut dengan upacara Adat Dayak Belatik yang merupakan simbol penghormatan untuk menyambut tamu Agung. Bak seorang raja, Monsinyur Agus disambut dengan tabuhan musik tradisional dan eloknya tarian yang dibawakan oleh OMK stasi Kelingkau.“Kerinduan umat untuk bertemu dengan Uskup Agung kini terobati, setelah 25 tahun menanti,”ungkap Petrus Atan, selaku ketua panitia pelaksana pembangunan Gereja Emmanuel Stasi Kelingkau.

Mgr. Agustinus Agus Pr menerimakan Sakramen Krisma kepada 30 umat stasi Kelingkau Paroki Santo Yosep Pemangkat didampingi oleh P. Alexander Mardalis Pr dan P. Andi Pr.

Dalam sambutannya, Petrus Atan menjelaskan sekilas sejarah berdirinya Gereja stasi yang memiliki jumlah umat 111 orang terdiri dari 27 kepala keluarga ini dulunya dibangun masih sangat sederhana.“Gedung Gereja yang pada awalnya dibangun sederhana ini diresmikan pada tahun 1993 oleh Uskup Agung Emeritus, Monsinyur Hieronymus Bumbun OFMCap pada 25 tahun yang lalu. Sekarang berdiri kokoh gedung Gereja baru dengan daya tampung umat 20 KK,”ungkapnya.

Mgr. Agustinus Agus Uskup Agung Pontianak memberkati Gereja Emmanuel Stasi Kelingkau Paroki Santo Yosep Pemangkat didampingi oleh P. Andi Pr.

Gereja Emanuel yang peletakkan batu pertamanya pada tanggal 20 Maret 2017 oleh Pastor Anton dan selesai dibangun pada bulan Agustus 2017 ini menghabiskan biaya sebesar Rp 328.274.500,-. Adapun biaya pembangunan Gereja Emmanuel ini diperoleh dari beberapa sumber antara lain:

  1. Swadaya Umat Stasi Kelingkau sebesar Rp 16.115.000,-
  2. Uang Kolekte sebesar Rp 30.000.000,- yang dikumpulkan selama 25 tahun
  3. Donatur sebesar Rp 126.627.000,-
  4. Pribadi sebesar Rp 155.532.500,-
Monsinyur Agus disambut dengan tabuhan musik tradisional dan eloknya tarian yang dibawakan oleh OMK stasi Kelingkau.

“Pemberkatan Gereja Emmanuel stasi Kelingkau oleh Mgr. Agus yang terjadi pada saat ini berkat dukungan penuh dari Pastor Paroki, RD. Alexander Mardalis Pr. Juga seluruh umat dan para donatur yang telah bersedia menyumbang atau membantu dalam proses pembangunan gereja ini hingga selesai tepat pada waktunya,”ungkap Petrus Atan.

Kedatangan Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus Pr disambut dengan upacara Adat Dayak Belatik yang merupakan simbol penghormatan untuk menyambut tamu Agung.

Hadir dalam upacara pemberkatan Gereja Emmanuel dan penerimaan Sakramen Krisma para tamu undangan, Pastor Paroki Santo Yosep Pemangkat, P. Alexander Mardalis Pr bersama Pastor Rekan, para Frater dan Suster. Dewan Adat Dayak Kecamatan Tebas beserta Dewan Adat se-Benua Tambang Laut, Ketua Umat se-Paroki Pemangkat Kepala Desa se-Benua Tambang Laut.

By. Semz

 

Tinggalkan Balasan