PMKRI Siapkan Kader-Kader Militan Demi Kemuliaan Nama Allah

Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) cabang Sungai Raya Sanctus Albertus Magnus sebagai organisasi pengkaderan Mahasiswa Katolik mengadakan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) tanggal 21-23 September 2018. PMKRI merupakan organisasi intelektual pemuda berbasis kemahasiswaan, berjiwa katolik dan berdasarkan pancasila. Visi PMKRI yaitu Terwujudnya Keadilan sosial, kemanusiaan, dan Persaudaraan sejati dengan Misi Berjuang dengan terlibat dan berpihak pada kaum tertindas melalui kaderisasi intelektual populis yang dijiwai nilai-nilai kekatolikan untuk mewujudkan keadilan sosial, kemanusiaan, dan persaudaraan sejati.

Spritualitas kader PMKRI diwujudkan dalam tiga benang merah yaitu Intelektualitas, Kristianitas, dan Fraternitas. Ketiga unsur inilah yang seharusnya selalu mengarahkan dan menyemangati segenap kader PMKRI dalam segala aktivitasnya. Kegiatan yang mengusung tema “Sebab Banyak Yang Dipanggil Tapi Sedikit Yang Dipilih” (Mat. 22:14) ini dilaksanakan di gedung Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Pontianak (PSE KAP) Jl. Wr. Supratman No.100. Sebanyak 29 peserta yang terdiri dari mahasiswa/mahasiswi  dari berbagai kampus yang ada di Pontianak ini berkomitmen memberanikan diri untuk dibentuk menjadi kader yang produktif.

Menurut Ketua Presidium PMKRI, Tri Natalia Urada, kegiatan  MPAB ini merupakan hal penting dilakukan oleh setiap cabang karena di MPAB inilah akan lahir kader baru. “Harapannya setelah MPAB ini anggota muda mengikuti semua proses yang ada sampai tuntas, karena merekalah yang nantinya akan menjalankan estafet kepengurusan. Dalam artian, merekalah kader-kader yang akan meneruskan roda organisasi selanjutnya,”ujar.

PMKRI gelar Pengkaderan Mahasiswa Katolik dalam kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru (MPAB) tanggal 21-23 September 2018, bertempat di gedung Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Pontianak (PSE KAP) Jl. Wr. Supratman No.100.

Tujuan MPAB dijelaskan oleh Presidium Pendidikan dan Kaderisasi PMKRI, Agnes Aprila. Ia mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya MPAB PMKRI Cab. Sungai Raya ini salah satunya yaitu demi berlangsungnya kaderisasi yang baik di dalam tubuh Perhimpunan ini sehingga ke depannya proses regenerasi pun dapat berjalan dengan baik. “Harapannya setelah terlaksananya MPAB ini, para anggota muda yang sudah bergabung tetap bisa bertahan mengikuti setiap proses yang ada, terutama setiap tingkatan pendidikan yang ada di PMKRI sebagai proses persiapan diri menjadi kader yang religius serta produktif,”ungkapnya.

Materi yang diberikan dalam MPAB ini berupa pengenalan internal organisasi yang sifatnya teoritis. Setelah kegiatan MPAB akan ada kegiatan Masa Bimbingan (MABIM), Latihan Kepemimpinan Kader (LKK), Konferensi Studi Regional (KSR), dan juga Konferensi Studi Nasional (KSN). Semua anggota PMKRI wajib mengikutinya karena disanalah mereka melatih ketajaman berpikir untuk selalu kritis dalam siatuasi apapun.

“Ketika kalian masuk dan berproses di PMKRI, disitulah kalian dididik untuk menjadi orang hebat dan jangan lupa asal kalian dari mana. Terapkan ilmu itu kembali di kampus kalian agar PMKRI ini bisa tetap hidup,”ujar Christianus Yance Christy selaku dewan Pembina.

KegiatanMPAB ditutup dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Pastor Samuel Pr. Dalam homilinya P. Samuel berharap agar PMKRI bisa menjadi keluarga  dimana setiap orang belajar banyak hal, melatih daya pikir, hati, dan mental. “Semoga PMKRI menjadi tempat dimana setiap orang  boleh berjumpa satu sama lain, menemukan Allah serta kehendak Allah bagi hidupnya dan bagi banyak orang. Itu semua hendaknya dilakukan hanya demi kemuliaan nama Allah,”ungkapnya.

Salah satu peserta MPAB yaitu Supardi mengatakan bahwa  setelah mengikuti MPAB PMKRI Cab. Sungai Raya ia merasa ada jiwa memiliki (sense of belonging). “Senang bisa bergabung dan diterima sebagian dari anggota PMKRI, saya juga betah dengan kader-kadernya yang ramah dan solid. Saya mendapat banyak ilmu dan pengalaman terutama mengenal lebih dekat apa itu PMKRI dan pergerakan yang pernah dilakukan serta relasinya dengan masyarakat semua itu adalah motivasi bagi saya untuk ingin bergabung dan merasakan kebersamaan dengan kawan-kawan. Saya juga ingin selalu menjadi bagian keluarga besar PMKRI Cab. Sungai Raya dan bisa menjalankan Visi dan Misi PMKRI,”pungkasnya.

By. Leni

Tinggalkan Balasan