Jl. Arif Rahman Hakim No.92 Pontianak email@kap.or.id +62 561 732382

Bulan Rosario: 350 OMK Dekenat Kota Pontianak Ziarah ke Gua Maria Ratu Pencinta Damai Anjongan

Penanaman nilai-nilai rohani di antara Orang Muda Katolik dalam menghidupi hakekat gereja yang bersaudara, berkumpul perlu ditanamkan terus-menerus. Salah satu upaya yang perlu dilakukan yakni dengan membekali mereka pengetahuan umum dan pengetahuan seputar hidup menggereja, supaya mampu menghidupi  imannya dan mengembangkan diri.

OMK perlu membangun semangat persaudaraan dan networking sebagai sarana untuk menghantar mereka pada pengalaman iman sebagai gereja muda yang kontekstual.

Selain itu diantara sesama OMK perlu membangun semangat persaudaraan dan networking sebagai sarana untuk menghantar mereka pada pengalaman iman sebagai gereja muda yang kontekstual. Hal ini dimaksudkan agar OMK tidak terjebak  pada individual interest atau concern sehingga menghalangi relasi mereka baik dengan sesama maupun dengan Tuhan. Keuskupan Agung Pontianak, melalui Komisi Kepemudaan melihat kebutuhan yang esensial bagi kaum muda  saat ini adalah perlu membangun networking antar Paroki.

Doa Rosario ini dipimpin oleh suster pembina OMK MRPD Suster Mediatrix KFS dan Suster Kelara KFS.

Orang Muda Katolik (OMK) se-Dekanat Kota Pontianak melakukan kegiatan ziarah bersama dalam rangka Bulan Rosario di Gua Maria Ratu Pecinta Damai Anjungan, Minggu,14 Oktober 2018. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa paroki di antaranya Paroki Bunda Maria Jeruju, Paroki Maria Ratu Pecinta Damai, Paroki Keluarga Kudus, Paroki Sesilia, Paroki Agustinus, Paroki Hironimus dan Paroki Stella Maris, dengan total keseluruhan peserta kurang lebih 350 orang.

Cinta lingkungan, OMK menggelar aksi pungut sampah di sekitar Gua Maria MRPD Anjongan.

Kegiatan ini bermula dari kerinduan OMK se-Dekanat Kota yang telah lama tidak membuat kegiatan bersama. Kegiatan ini diisi dengan Perayaan Ekaristi bersama, Doa Rosario bersama, dan aksi nyata memungut sampah di lingkungan sekitar Gua Maria sebagai bentuk kepedulian Orang Muda Katolik.

Doa Rosario ini dipimpin oleh suster pembina OMK MRPD Suster Mediatrix KFS dan Suster Kelara KFS. Setelah selesai Perayaan Ekaristi,  OMK kemudian melanjutkan aksi memungut sampah di sekitar Gua Maria. Barulah kemudian, OMKmelanjutkan kegiatan rekreasi bersama di Pantai Samudera Indah.  Kegiatan tersebut diisi dengan permainan-permainan fraternitas yang harapannya dapat mempererat rasa persaudaraan di antara orang muda.

Rekreasi bersama di Pantai Samudera Indah Singkawang.

“Kegiatan ini merupakan awal yg sangat baik, karena melalui kegiatan-kegiatan sederhana seperti ini ada interaksi antar orang muda se-Dekanat Kota,” kata OMK Stella Maris Xaverius Bonar.

“Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan dan baiknya terus bisa didukung  oleh pihak-pihak terkait seperti pembina OMK, pastor pendamping OMK se Dekanat, dan pastor paroki,” ungkapnya lagi.

“Semoga orang muda Katolik bisa lebih saling memiliki rasa kepedulian terhadap proses tumbuh kembangnya OMK itu sendiri berkat dukungan para pembina, pastor paroki dan seluruh umat. Ini  dibutuhkan juga agar semangat OMK terus tumbuh,” pungkasnya.

By. Deny Nirwan, OMK BMJ

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: