Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Rencana Pembangunan Rumah Retret Wisata Rohani Anjongan

Goa Maria Ratu Pencinta Damai Anjongan

Siapa yang tidak tahu mengenai Goa Maria Anjongan yang berada di Keuskupan Agung Pontianak Kalimantan Barat, yang menjadi icon untuk umat KAP.

Tidak hanya sebatas itu saja, Goa Maria Anjongan adalah salah satu catatan dan bukti sejarah kisah  Kalimantan Barat. Unik bukan? Namun keunikan ini tentu tidak serta-merta hanya berkaitan dengan nilai sejarahnya saja.

Tetapi harus ada yang merawat dan memperhatikan Goa Maria tersebut. Maka dengan hal tersebut pihak keuskupan Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus bertekad untuk membenahi Goa Maria bersejarah ini dibangun kembali. Dengan harapan kedepannya dapat menjadi salah satu Icon Kalbar.

Gua Maria Ratu Pencinta Damai Anjongan yang diresmikan pada 29 April 1973 direncanakan akan ditata ulang sebagai tempat doa dan ziarah yang lebih representatif. Sejak diresmikannya sebagai tempat doa dan ziarah, Gua Maria Anjongan selalu padat dikunjungi umat Katolik dari berbagai pelosok Kalimantan Barat, khususnya pada bulan Mei dan Oktober yang ditetapkan Gereja sebagai bulan Maria.

Uskup Agung Pontianak, Mgr Agustinus Agus yang telah memberkati dan meletakan batu pertama pembangunan dikawasan ini pada tanggal 29 Oktober 2017 mengatakan, rencana penataan kembali kawasan Gua Maria Anjongan adalah sebagai bentuk kepedulian Gereja dalam menyediakan sentra-sentra untuk pembinaan iman umat, lebih khusus lagi dalam hal menyediakan tempat doa dan ziarah (lokasi wisata rohani) yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang, seperti rumah retret, jalan salib, dll.

Rencananya, Rumah Retret Wisata Rohani Anjongan ini akan dibuat menggunakan rancang bentuk Gereja Katedral Pontianak yang lama, dengan tujuan agar umat bisa bernostalgia melihat kembali gedung ikon Keuskupan Agung Pontianak tersebut. Sebagai bentuk realisasi rencana tersebut, Mgr. Agus telah membeli lahan seluas 3 hektar yang terletak di samping Gua Maria Anjongan. Master plan juga telah dibuat agar terencana dengan baik mulai dari penempatan lokasi-lokasi yang akan dibangun sampai pada perhitungan biaya yang harus dikeluarkan untuk penataan ulang kawasan.

Dalam mewujudkan pembangunan Rumah Retret Wisata Rohani Anjongan ini, semua umat diundang untuk dapat terlibat dan ambil bagian dengan saling membantu dalam bentuk apapun dan mendoakannya supaya rencana ini bisa terwujud untuk memiliki rumah retret wisata rohani yang nyaman dan damai.

Saat beban hidup kian mendesak dan kepala mulai penat dengan berbagai permasalahan, kita tentu membutuhkan istirahat dan kembali menyegarkan pikiran. Tak ada pelipur lara yang lebih indah daripada Sang Pencipta sendiri. Dekatkan diri pada Sang Ilahi, karena Dia yang bisa menjawab setiap pergumulan kita. Langkahkan kakimu dan berziarahlah. Semoga rencana penataan ulang kawasan Gua Maria Anjongan menjadi tempat wisata rohani dapat terwujud dan menjadikannya oase bagi mereka yang haus akan Tuhan.

Anda ingin membantu ? Silahkan hubungi 0561-731280 / 081252338650 dan juga untuk donasi bisa ditransfer ke Rekening BCA 5125678901 a/n Keuskupan Agung Pontianak. Terima kasih dan Tuhan memberkati.

(-Semz Komsoskap- Berdasarkan Sumber Keuskupan Agung Pontianak)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *