Jl. Arif Rahman Hakim No.92 Pontianak email@kap.or.id +62 561 732382

Seminari Sebagai Jantung Keuskupan

Berikut redaksi sampaikan sambutan Mgr. Agustinus Agus mengenai GOTAUS secara utuh :

Saudara-saudari dalam Kristus, Paus bersama para uskup sedunia lewat Dekrit tentang pembinaan calon imam menegaskan bahwa “Seminari adalah Jantung Keuskupan”. Dengan ini diungkapkan bahwa pendidikan calon imam dan imam itu sendiri sangat penting bagi Gereja pada umumnya, dan Keuskupan pada khususnya. Tanpa imam atau hierarki Gereja kehilangan unsur pemersatu, penggembala, pengajar dan pengudusnya.

Masalah kita adalah dari 37 Seminari Menengah di Indonesia hampir 85% mengalami kurang layaknya, sebagai tempat pendidikan sehingga fasilitas belajar, pembinaan kepribadian dan kerohanian, serta diperberat dengan gedung-gedung tuanya di tambah menu gizi siswa yang dianggap kurang.

Dari kurang lebih 6.100 siswa ada 3.900 yang membutuhkan beasiswa, banyak tenaga pengajar yang terpaksa pindah ke sekolah lain karena seminari tidak mampu membayar gaji yang layak. Bagaimana bisa diharapkan hasil yang maksimal dari para calon pemimpin Gereja Indonesia ?

Syukur kepada Tuhan bahwa di Indonesia, panggilan calon imam masih ada. Ini membuktikan bahwa Gereja di Indonesia masih hidup dan inilah menjadi tugas kita bersama untuk membantu dan memelihara seminari-seminari yang ada di Indonesia agar layak jadi tempat pendidikan siswa, diharapkan dengan rahmat Tuhan menghasilkan imam-imam yang handal dan kontekstual.

dr. Gunawan Hadibrata – Pengurus GOTAUS KAP

Gereja membutuhkan bantuan setiap umat Katolik Indonesia, doa untuk panggilan, saran yang berguna untuk pendidikan dan pembinaan serta bantuan dana. Doa merupakan salah satu dasar yang harus dilaksanakan sesuai dengan permintaan Yesus sendiri “Mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu” (Mat. 9:38). Doa yang dipanjatkan dan disertai pemberian saran serta derma, merupakan sumbangan kasih yang pasti besar manfaatnya.

 

Sebagai Uskup Agung Pontianak saya meminta supaya kita semua berdoa untuk pangfilan serta / dan umat perlu mengetahui bahwa ada seminari-seminari di Keuskupan Agung Pontianak ini. Saya meminta saran juga demi pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan seminari kita. Kepada umat yang mempunyai dana atau materi lainnya, saya menyampaikan permohonan untuk memberikan bantuannya dengan murah hati dan tulus karena banyak “Jantung Gereja” yang membutuhkan uluran tangan umat terkasih.

Keuskupan Agung Pontianak bekerjasama dengan GOTAUS KAP dan aktifis-aktifis lainnya membantu, selain Seminari Menengah Santo Paulus Nyarumkop juga peduli kepada Sekolah Tinggi Teologi Pastor Bonud dan Seminari Tinggi Interdeosesan “Antonino Ventimiglia” regio Kalimantan (sebanyak 8 keuskupan) yang berdomisili di Kota Pontianak, juga seminari menengah seluruh indonesia.

Diiringi doa dan berkat,

USKUP AGUNG PONTIANAK

Mgr. Agustinus Agus

VISI :

Gerakan Kaum awam yang terorganisasu sebagai wujud partisipasi umat dalam mempersiapkan imam yang handal dan kontekstual

MISI :

Menanamkan tanggung jawab umat berlandaskan, kesadaran diri, suara hati dan kehendak bebas dalam pengembangan pendidikan seminari di KAP khususnya dan di seluruh Indonesia umumnya.

Semz-kap

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: