Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Panitia Pesparani Nasional Katolik dan Para Uskup Indonesia Silaturahim ke Istana Bogor

Senin (12/11/2018) pukul.10.00 WIB, para Uskup se-Indonesia yang sedang melakukan sidang tahunan di Bandung, mengadakan silaturahim bersama dengan  Panitia Pesparani Nasional Katolik ke Istana Bogor.

Hadir seluruh Panitia Pusat dan lokal Ambon, Gubernur dan wakil Gubernur Maluku serta Peserta dari Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai juara umum. Presiden Jokowi didampingi Sekretaris Kabinet dan Mentri Agama.

Dalam kesempatan itu, tampil juara pertama lagu remaja dari Kaltim. Mereka membawakan 2 lagu.

Mgr. Ignatius Suharyo selaku Ketua KWI dalam sambutannya mengatakan, tanggal  27 Oktober 2018 saat pembukaan Pesparani sangat berarti karena pada tanggal tersebut sehari sebelum dideklarasikannya Sumpah Pemuda.

Para pemuda tersebut, lanjut Mgr. Suharyo berkumpul di aula paroki Katedral Batavia waktu itu.

Hal lainnya, ungkap Mgr. Suharyo, pemilihan tempat yaitu Ambon (Maluku), juga sangat berarti. Ambon yang dulu terkoyak- koyak akibat konflik, sekarang damai.

Para Uskup se-Indonesia berphoto bersama dengan Presiden Jokowi di Istana Bogor, Senin (12/11/2018)

“Bahkan menjadi museum perdamaian. Karena tema Pesparani, dari Ambon untuk Indonesia merajut persaudaraan sejati. Umat Katolik dipanggil untuk menciptakan persaudaraan sejati,” tandas Mgr. Suharyo.

Mgr. Suharyo menyampaikan ucapan terima kepada Presiden yang telah mendukung sepenuhnya kegiatan Pesparani Nasional di Ambon. Terima kasih juga disampaikan kepada Pemda dalam hal ini Gubernur Maluku sebagai tuan rumah dan panitia lokal di Ambon yang telah sukses menyelenggarakan Pesparani Nasional Katolik yang pertama kali ini.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa panitia telah sukses menyelenggarakan Pesparani 2018.

“Namun yang terpenting dari kesuksesan itu bukan siapa pemenangnya atau siapa juaranya, tapi yang paling penting kita bisa merayakan persaudaraan dan persatuan,” ujar Jokowi.

Kegiatan berlangsung kurang lebih 30 menit, dilanjutkan dengan berphoto bersama serta makan siang di kompleks istana.

PM – Photo dan sumber informasi : Mgr. Agustinus Agus

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *