Fri. Nov 15th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Pembinaan Suster SMFA Berkaul Kekal di Bawah 10 Tahun

Tanggal 16-18 November 2018 lalu bertempat di Komunitas SMFA Boerdonk, Danau Sentarum Pontianak telah dilangsungkan Pertemuan dan sekaligus kegiatan pembinaan bagi suster-suster Misi Fransiskan Santo Antonius (SMFA) yang berkaul kekal di bawah 10 tahun (Medior)

Kegiatan ini memang sudah diagendakan dalam program kerja Pemimpin Umum Kongregasi SMFA periode 2018-2022.

Sebanyak 18 orang suster ikut dalam kegiatan ini. Dan selama tiga hari, mereka harus meninggalkan tugas dan tempat karya masing-masing untuk mengadakan pengolahan hidup religius penuh syukur atas tugas dan pelayanan yang dipercayakan Kongregasi SMFA kepada mereka.

Pastor Pius Barces, CP sebagai narasumber dalam kegiatan ini diminta untuk membedah tema : Kualitas Penghayatan Hidup Religius.

Suster Kristina Unau Seni SMFA selaku Pemimpin Umum SMFA mengajak, menghimbau dan mngingatkan kembali agar para suster Medior menjadikan Konstitusi sebagai bacaan sehari-hari. Konstitusi tentunya mengandung aturan dan pedoman hidup.

“Selain dibaca, konten (isi) dan semangat konstitusi harus dihayati agar hidup religius juga bisa menjadi sungguh sesuai dengan ‘nafas’ konstitusi,” tegas Suster Kristina Unau Seni SMFA.

Suster Kristina Unau Seni SMFA juga menghimbau agar para suster dapat hidup sebagai saudari, satu tubuh yang saling melengkapi, saling mencintai, dan tidak saling menyakiti.

Sementara itu Pastor Pius Barces CP, berpedoman pada Kitab Hukum Kanonik (KHK) mengupas masalah hidup bakti.

Pastor Barces mengatakan, isi dan tujuan hidup bakti adalah demi kehormatan Allah dan firman Allah mendapat tempat yang wajar.

Selanjutnya, para suster medior juga ‘disegarkan’ dengan bahan tentang hidup berkomunitas, hidup persaudaraan, dan hidup doa.. Untuk sesi ini, para suster dibagi ke dalam kelompok kecil terdiri dari 4-5 orang suster.

Pertemuan dan kegiatan pembinaan para suster medior ini ditutup dengan Perayaan Ekaristi bersama.

Sumber : Sr. Kresentia Yati SMFA 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak