Fri. Nov 15th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Oka-Woleka Adat Sumba Sambut Peserta Sidang Tahunan Signis ke-45 di Keuskupan Weetebula

Keuskupan Weetebula – Pertemuan tahunan Signis Indonesia, cabang lokal dari Asosiasi Komunikasi Katolik Sedunia ke-45 kembali digelar. Sidang tahunan para komunikator professional Katolik yang dihadiri lebih dari 37 orang peserta dari berbagai keuskupan  kali ini diadakan di Keuskupan Weetebula (Sumba Barat) pada 23-27 Februari 2019 di Wisma UNIO Projo Keuskupan Weetebula.

Sambutan meriah dengan upacara adat yang disebut Oka disertai dengan tarian khas Sumba Woleka.

Para peserta yang kebanyakan dari mereka adalah imam yang bekerja di bidang komunikasi di keuskupan masing-masing serta kaum awam ini tiba di Keuskupan Weetebula pada 22 Februari 2019. Sambutan meriah dengan upacara adat yang disebut Oka disertai dengan tarian khas Sumba  Woleka yang berarti sukacita dan tanda kehormatan tamu agung  ini dipandu oleh ketua panitia lokal sekaligus ketua komsos Keuskupan Weetebula, yakni Romo Yustinus Guru Kedi Pr.

Romo Yustinus mengalungkan cenderamata kain tenun Sumba, yang ‘Ingngi’ simbol kehormatan kepada Mgr Datus Hilarion Lega, uskup Manokwari-Sorong (Papua Barat) dan sekaligus ketua Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), presiden Signis Indonesia, Romo Steven Lalu Pr dari Keuskupan Manado (Sulawesi Utara), dan Sekretaris Jenderal Signis Asia, Bernadetta Widiandajani.

Hadir dalam upacara penyambutan meriah di Wisma Keuskupan Weetebula, Mgr Datus Hilarion Lega, uskup Manokwari-Sorong (Papua Barat) dan sekaligus ketua Komisi Komunikasi Sosial Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), presiden Signis Indonesia, Romo Steven Lalu Pr dari Keuskupan Manado (Sulawesi Utara), Sekretaris Jenderal Signis Asia, Bernadetta Widiandajani, Romo Vikjen Keuskupan Weetebula, Romo Mateus Selan CSsr. Sedangkan Uskup Weetebula, Mgr. Edmund Woga CSsr selaku tuan rumah tidak bisa hadir dalam upacara penyambutan para peserta signis dikarenakan  sedang  di luar kota.

Para peserta signis 2019 yang kebanyakan dari mereka adalah imam yang bekerja di bidang komunikasi di keuskupan masing-masing.

Setelah upacara penyambutan yang dimulai pada pukul 17.00 WITA, para peserta diundang memasuki aula untuk mendengarkan paparan tentang arah reksa pastoral serta visi misi Keuskupan Weetebula yang disampaikan oleh Romo Mateus Selan CSsr.

Menurut Romo Vikjen, tema rapat tahunan signis 2019 ‘‘The Roles of Media in Strengthening Faith and Economy of the Catholic Basic Comunity” ini selaras dengan fokus pastoral Keuskupan yang mengarah kepada peningkatan pengetahuan imam umat dan pemberdayaan ekonomi umat.

Vikjen Keuskupan Weetebula, Romo Mateus Selan CSsr.

“Harapan kami adalah SIGNIS bisa membantu kami untuk mewujudkan fokus reksa pastoral yakni dengan menyediakan film-film pendek berisikan pengajaran tentang iman, liturgi gereja. Kemudian juga tentang pemberdayaan ekonomi umat, misalnya mengenai kelompok usaha dengan modal minim, namun karena doa dan perjuangan mereka bisa sukses,”ungkap Romo.

Ucapan terima kasih atas kesediaan pihak Keuskupan Weetebula untuk menjadi tuan rumah signis 2019 ini disampaikan oleh presiden Signis Indonesia, Romo Steven Lalu Pr dari Keuskupan Manado (Sulawesi Utara). Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa kehadiran signis sungguh ingin membantu dan bersama-sama mendukung terwujudnya fokus pastoral Keuskupan Weetebula ini.

Presiden Signis Indonesia, Romo Steven Lalu Pr dari Keuskupan Manado (Sulawesi Utara).

Acara kemudian dilanjutkan dengan santap malam bersama di Wisma Keuskupan. Setelah itu para peserta diantar kembali menuju Wisma UNIO Projo KW untuk beristirahat.

By. Sr. Maria Seba SFIC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak