Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Ribuan Umat Paroki Stella Maris Rayakan Misa Kamis Putih

Suasana pembagian Komuni

Kamis putih merupakan salah satu peristiwa penting yang diakui oleh kalender gereja Katolik di seluruh dunia. Kamis putih merupakan permulaan Tri Hari Suci yang dimulai dari hari kamis sebelum Paskah dan memiliki makna khusus dimana pada malam tersebut mengenang peristiwa perjamuan malam terakhir sebelum wafat Sang Kristus

Dua Belas Rasul, yang siap dibasuh kakinya
Suasana Misa Kamis Putih di Gereja Stella Maris Siantan

Di hari yang penting ini, Gereja Stella Maris Siantan di hadiri ribuan umat katolik yang tampak memenuhi lingkungan gereja untuk perayaan misa kamis putih yang digelar pada tanggal 18 April 2019. Misa hanya diadakan satu kali pada pukul 18.00 wib.

Banyak orang yang datang dengan busana bernuansa putih yang menandakan ciri khas dari hari kamis putih sebagai lambang kesucian untuk memutihkan hati menyambut tri hari suci. Dalam perayaan ini, misa di pimpin oleh Pastor Kornelius Kuli Keban Msc selaku pastor paroki di Gereja Stella Maris Siantan.

Cinta yesus tak terbatas hanya dalam kata-kata melainkan juga dengan perbuatan. Dalam pekan suci ini umat diajak menghayati hidup dalam cinta kepada sesama, dimana cinta itu butuh pengorbanan. cinta membuat kita menanggalkan rasa malu seperti yang diteladani Yesus kepada muridnya. “Pesan untuk kita, walaupun cinta membutuhkan pengorbanan, cinta jangan pernah menyerah. Kita harus berani dengan ketulusan hidup di tengah-tengah masyarakat dengan cinta kasih dan pengorbanan” tutur dari Pastor Kornelius dalam khotbahnya.

Dalam perayaan misa juga dilangsungkan ritual pembasuhan kaki oleh imam dan para prodiakon untuk
Mengenang peristiwa pada saat setelah perjamuan, Yesus membasuh kaki para rasulnya sebagai tanda cinta kasih dan kerendahan hati-Nya.

Yesi Monika_Volunteer KomsosKAP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *