Mon. Oct 14th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

RD. Alex : Panitia Siap Gelar Expo Panggilan, Berbagai Atraksi Seru Akan Ditampilkan, Termasuk Hadirnya Olga Lidya Sebagai Pemandu Acara

Senin, 6 Mei 2019 bertempat di ruang serbaguna Bina Remaja Komplek Persekolahan Santo Paulus Pontianak Panitia Expo Panggilan 2019 mengadakan rapat kesiapan pemantapan akhir masing-masing seksi.

Rapat pemantapan akhir dari masing-masing seksi, Senin (6/5/2019) di gedung Serbaguna Bina Remaja Santo Paulus Pontianak

“Rapat  pemantapan ini dirasa perlu untuk melihat sejauhmana kesiapan masing-masing seksi dalam melaksanakan tugas yang dibebankan kepada seksinya,” tandas RD. Alexius Alex selaku penanggungjawab untuk keseluruhan kinerja panitia.

Menurut RD. Alex,  panitia sudah siap melaksanakan kegiatan Expo Panggilan yang akan berlangsung dari tanggal 10 – 12 Mei 2019.

“Seksi-seksi sudah menyempurnakan program-program yang akan dilaksanakan pada hari H nantinya, bahkan ada juga seksi yang sudah bekerja sejak panitia dibentuk.” ujarnya.

Kata RD. Alex, hari pertama, tanggal 10 Mei 2019, usai acara pembukaan pada pukul 15.00 WIB, akan ada sharing dari Bapak Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agsutnus Agus dengan Kaum Muda Katolik.

Tanggal 11 Mei 2019, pada pukul 08.00 WIB, lanjut RD. Alex, kurang lebih tiga ratusan orang biarawan-biarawati akan mengikuti seminar bersama narasumber : Pastor Matius Mali, CSsR (dosen Ahli Teologi Moral di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Kegiatan ini akan berlangsung di gedung Pasifikus,.

Dalam waktu yang bersamaan pula, ujar RD. Alex, para Orang Muda Katolik akan berkumpul di gedung Bina Remaja Komplek Persekolahan Santo Paulus Pontianak, untuk mengikuti “Talk Show” dari perwakilan para Pastor, Suster, Bruder, dan Frater terkait promo panggilan.

Alex mengatakan, kegiatan Expo Panggilan tahun 2019 ini terasa akan lebih semarak karena dirangkaikan juga dengan kegiatan Paskah Mahasiswa se-Kotamadya Pontianak, yang akan dilangsungkan pada Sabtu, 11 Mei 2019 dengan Perayaan Ekaristi, dimulai pukul 17.00 WIB di Gereja Katedral Paroki Santo Yosef Pontianak.

Menariknya lagi, tambah RD. Alex, setelah Perayaan Ekaristi, akan ada Pentas Seni. Di sinilah berbagai atraksi seni akan ditampilkan, mulai dari para mahasiswa, biarawan-biarawati sampai artis nasional.

“Dan serunya lagi, acara ini akan dipandu oleh Olga Lidya, seorang model sekaligus pembawa acara dan aktris Indonesia. Kegiatan Pentas Seni ini akan digelar di halaman Persekolahan Santo Paulus Pontianak,” ujar RD. Alex.

Kata RD. Alex, ada 29 Tarekat yang akan ikut ambil bagian dalam kegiatan Expo Panggilan tahun 2019 ini dan akan menghadirkan kurang lebih dua ribuan mahasiswa Katolik.

Dengan kegiatan ini, RD. Alex berharap para kaum biarawan-biarawati semakin menyadari akan pentingnya merayakan dan memaknai Hari Minggu Panggilan.

“Tak banyak umat yang mengetahui bagaimana seluk-beluk hidup membiara. Barangkali inilah yang menyebabkan berkurangnya calon imam di tarekat-tarekat ataupun seminari-seminari.,” tandas RD. Alex.

Fenomena ini bukanlah disebabkan tidak adanya panggilan, lanjut RD. Aex. Pertama-tama karena banyak umat yang tidak tahu-menahu kehidupan membiara. Atau kalaupun ada yang mengetahui, masih sebatas pada bagian luarnya saja.

“Disinilah kaum biarawan-biarawati harus mempromosikan tarekatnya masing-masing lewat cara hidup dan karya-karyanya yang sudah dihasilkan atau dibuat,” harap RD. Alex.

PM – Kredit Photo : Sr. Maria Seba, SFIC

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak