Mon. Nov 11th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Uskup Agus Pimpin Misa untuk Komunitas Katolik Indonesia Den Haag

Usai mengikuti kunjungan Ad Limina di Vatikan (Roma), Mgr. Agustinus Agus masih memiliki beberapa agenda tersendiri yang sudah dijadwalkannya.

Sabtu (15/6/2019) sore, Mgr. Agustinus Agus tiba di Belanda. Dan berdasarkan undangan yang diterima, Minggu (16/6/2019) pukul 13.30 waktu setempat, Mgr. Agustinus Agus memimpin Misa Hari Raya Tritunggal Mahakudus bagi Komunitas Katolik Indonesia Den Haag (KKI Den Haag).

Misa diadakan di Church of our Saviour (gereja Juru Selamat Kita) yang beralamat di Bezuidenhoutseweg 157, 2594 AG Den Haag, yang berada di bagian Selatan Belanda.

Komunitas ini terbentuk di awal tahun 1982, ketika Pastor Piet Smout MSC, yang kembali dari Menado, memasang iklan di Haagsekrant, bahwa akan diselenggarakan misa bahasa Indonesia di kapel Una Sancta, Den Haag. Dari sini terbentuklah komunitas Keluarga Katolik Indonesia Den Haag (KKI Den Haag). 

Dalam misa ini, Mgr. Agustinus Agus juga memberkati 4 (empat) orang umat yang berulang tahun. Selain itu, ada persembahan lagu dengan iringan angklung dari anak-anak Indonesia, baik yang asli Indonesia maupun ayah atau ibunya, orang Belanda. Rata-rata anak ini tidak bisa berbahasa Indonesia.

Usai misa, Komunitas Katolik Indonesia Den Haag (KKI Den Haag) mengadakan ramah tamah dan BBQ bersama.

Dari foto-foto dan video yang dikirim oleh Mgr. Agustinus Agus kepada redaksi Komsos KAP memperlihatkan antusias umat dalam mengikuti perayaan Hari Raya Tritunggal Mahakudus ini.

Selanjutnya menurut jadwal, jika tidak ada kendala, Senin (17/6/2019), Mgr. Agustinus Agus masih ada beberapa agenda di Belanda, yaitu : mengunjungi Komunitas Pastor kapusin yang ada di Tilburg sekaligus makan siang di sana. Di komunitas ini, Mgr. Agustinus Agus diantaranya akan bertemu Pastor Willy, Pastor Roland, Pastor Amantius dan juga Pastor Savio.

Dari Tilburg, Mgr. Agustinus Agus juga berkunjung ke Pusat Suster-Suster SFIC , di Veghel, Belanda. Di sini, utamanya akan bertemu dengan Sr. Gerda (yang dulu pernah di Sanggau), Sr. Mary Getrude ( yang dulu bertugas di RS. St. Antonius Pontianak), dan juga Sr. Rafael.

Mgr. Agustinus Agus berharap perjalanannya dapat berjalan lancar sesuai rencana.

PM – Sumber : Mgr. Agustinus Agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak