Thu. Sep 19th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Uskup Agus Bertemu Pastor Kapusin dan Suster SFIC yang Pernah Berkarya di Kalbar

Dalam lawatannya ke Belanda, usai mengikuti kunjungan Ad Limina di Vatikan, Senin (17/6/2019) lalu Mgr. Agus mengagendakan untuk bertemu pastor Kapusin dan suster SFIC di Belanda yang pernah berkarya di Kalimantan Barat (Kalbar).

Para penghuni biara di Tilburg, tampak Pastor Amantius, OFMCap (paling kiri – pakai kacamata hitam)

Di kesempatan pertama, Mgr. Agus berkunjung ke Biara Kapusin yang ada di Tilburg. Di komunitas ini, Mgr. Agus disambut hangat oleh para pastor Kapusin, terlebih lagi ketika  bertemu dengan Pastor Willy Wagemakers, OFMCap, Pastor Roland, OFMCap , Pastor Amantius, OFMCap, dan Bruder Frans Paland, OFMCap, yang pernah berkarya di Kalbar.

Ruang makan Biara Kapusin di Tilburg

Suasana semakin dirasakan terharu oleh Mgr. Agus ketika bertemu dengan Pastor Savio, OFMCap, guru Mgr. Agus ketika masih belajar di Seminari Nyarumkop.

Menurut Mgr. Agus, para pastor Kapusin ini sangat senang ketika dikunjungi. Mereka, khususnya Pastor Willy mengikuti terus perkembangan Keuskupan Agung Pontianak lewat website Keuskupan Agung Pontianak yang dikelola oleh Komsos.

Uskup Agus bersama Pastor Savio OFMCap, guru saat belajar di Seminari Nyarumkop, saat ini sudah berusia 84 tahun

“Kami sangat senang membaca berita-berita yang dimuat di website Keuskupan Agung Pontianak oleh Komsos,” ujar Pastor Willy kepada Mgr. Agus.

Kata Mgr. Agus, Pastor Willy juga merasa senang ketika melihat photo ruangan kerjanya dulu yang sekarang ditempati oleh Pastor Pius Barces CP, masih seperti yang dulu.

Uskup Agus bersama Pastor Savio OFMCap di Den Bosch

Mgr. Agus mengatakan, para pastor kapusin ini sangat mendukung usaha-usaha dan program-program pembaharuan Keuskupan Agung Pontianak sekarang.

“Pembaharuan perlu demi masa depan Gereja.” tulis Mgr. Agus menirukan kata-kata para pastor Kapusin lewat pesan WhatsAppnya kepada redaksi Komsos KAP, Selasa (18/6/2019), sekitar pukul 09.15 WIB.

Kunjungan Mgr. Agus di Biara Kapusin di Tilburg berlangsung hingga santap siang. Dalam suasana kekeluargaan, para penghuni komunitas kapusin ini,  makan siang bersama-sama dengan Mgr. Agus di ruang makan biara.

Uskup Agus bertemu Sr. Mary Getrude SFIC, Sr. Gerda SFIC dan Sr. Rafael SFIC di Biara Suster-Suster SFIC Veghel, Senin (17/6/2019)

Usai makan siang, kunjungan Mgr. Agus berlanjut ke Pusat Suster-Suster SFIC, di Veghel. Di sini Mgr. Agus berjumpa dengan Sr. Mary Getrude SFIC, Sr. Gerda SFIC dan Sr. Rafael SFIC

Dalam perbincangan itu, Sr. Mary Getrude SFIC dan Sr. Rafael SFIC, sempat mengatakan kepada Mgr. Agus, bahwa mereka akan bertandang ke Pontianak dalam Perayaan 175 tahun Suster-Suster SFIC yang berlangsung Oktober mendatang.

PM – Sumber : Mgr. Agustinus Agus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak