Mon. Nov 11th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Uskup Agus Berkati Gereja Stasi Tanjung Sosor

Sabtu 22 Juni 2019, Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus melakukan kunjungan kegembalaannya di Stasi Tanjung Sosor yang terletak di Desa Sungai Segak, Kecamatan Sebangki, Paroki St. Fidelis Sungai Ambawang  untuk memberkati gereja Katolik Santo Petrus.

Uskup Agus memotong bambu saat penyambutan dengan adat

Kedatangan Uskup Agus disambut dengan upacara adat yang dikemas dalam bentuk tarian tradisional dan pemotongan bambu.

Di dampingi Pastor Lukas Ahon, CP (Pastor Paroki St. Fidelis Sunghai Ambawang), Camat Sebangki YF Surifin, Kapolsek Sebangki Iptu Ra’in, para undangan dan umat setempat,  Uskup Agus memulai prosesi pemberkatan gereja.

Uskup Agus memimpin ibadat pemberkatan Gereja Santo Petrus Tanjung Sosor

“Kehadiran gedung gereja yang baru ini akan mengokohkan persatuan kita sebagai umat,” kata Uskup Agus.

Uskup Agus mengatakan, di dalam gereja baru inilah kita akan melaksanakan amal bakti kepada Tuhan dan mendengarkan sabda-Nya dengan penuh iman.

Uskup Agus memerciki bagian luar gereja

Menururt Uskup Agus, dengan adanya gereja ini, pembinaan iman umat akan lebih ditingkatkan.

“Dan kita dapat berkembang menjadi kenisah (tempat) kediaman Roh Kudus khususnya di daerah stasi Tanjung Sosor ini,” tandas Uskup Agus.

Camat Sebangki memotong pita tanda peresmian mewakili pihak pemerintah kabupaten Landak – Kalbar

Lalu Uskup Agus memberkti air yang akan digunakan untuk memberkati gereja. Usai pemberkatan gereja bagian luar,  Camat Sebangki YF Surifin mewakili pemerintah menggunting pinta sebagai tanda peresmian gereja Santo Petrus, dan lanjutkan dengan pembukaan pintu gereja oleh tokoh umat setempat. Diiringi nyanyian yang dipersembahkan oleh Koor Stasi Tanjung Sosor, Uskup Agus memerciki air untuk memberkati bagian dalam gereja.

Uskup Agus berfoto usai pemberkatan gereja

Pastor Paroki Santo Fidelis Sungai Ambawang, Pastor Lukas Ahon CP menyampaikan ucapan terima kasih kepada Uskup Agus yang berkenan hadir untuk menyapa sekaligus memberkati gereja Santo Petrus.

“Semoga kehadiran Uskup dan gedung gereja ini semakin memotivasi umat di sini untuk lebih tekun dalam berdoa dan semakin rajin ke greja untuk beribadat,” ujar Pastor Lukas.

Camat Sebangki YF Surifin meminta umat menjaga dan merawat gereja dan lokasi sekitar gereja agar tetap nyaman dipakai sebagai tempat untuk beribadat.  

Misa syukur atas peresmian dan pemberkatan gereja sekaligus Uskup Agus menerimakan Komuni Pertama dan Sakramen Krisma kepada beberapa umat Stasi Tanjung Sosor, Minggu (23/6/2019)

Kapolsek Sebangki Iptu Ra’in mengatakan pihaknya akan hadir di tengah masyarakat dalam setiap kegiatan. “Dengan tujuan tercipta Kamtibmas di wilayah Kecamatan Sebangki,” papar Iptu Ra’in.

“Terimakasih kepada Kapolsek, Camat Sebangki yang telah menghadiri undangan. Semoga dapat terjalin kerjasama yang baik ke depannya,” ucap Ketua Umat, Adolpus Adu.

Umat yang hadir dalam misa syukur

Ketua Panitia Pembangunan gereja, Atek menyampaikan ucapan terima kepada semua pihak yang telah membantu dalam proses pembangunan gereja Santo Petrus Stasi Tanjung Sosor.

“Baik dari pemerintah kabupaten, para donatur, serta umat sekalian,” tandasnya.

Selanjutnya, Minggu (22/6/2019) umat diajak untuk mengikuti misa syukur atas pemberkatan dan peresmian gereja Katolik Santo Petrus sekaligus Uskup Agus menerimakan Sakramen Krisma dan Komuni Pertama kepada beberapa umat Stasi Tanjung Sosor.

Antusias umat dalam Misa Syukur

Pada kesempatan itu, Uskup Agus diiringi Tim Musik Komsos KAP berkenan menghibur umat dengan membawakan beberapa lagu. Kapolsek Sebangki juga sempat bernyanyi. Sementara Camat Sebangki ikut berjoget.  Umat terlihat merasa bahagia, sekaligus bangga dan kagum, bahwa Uskup mereka mau turun langsung menyapa umat di kampung-kampung, meski harus melewati jalan air menggunakan speedboat.

PM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak