Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

735 OMK Rayakan Ekaristi Kaum Muda di Paroki St. Yohanes Pemandi Pahauman

Minggu pagi, 16 Juni 2019, cuaca cerah di wilayah Gereja Katolik Hati Kudus Keranji Paidang, Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman menyambut kedatangan Orang Muda Katolik (OMK) dari 13 wilayah. Terlihat di atas pentas spanduk besar bertulisan “Ekaristi Kaum Muda #3” sebagai lambang diadakannya perhelatan bagi kaum muda.


OMK yang berjumlah 735 orang memenuhi ruangan gereja dan tenda luar untuk mengikuti kegiatan yang diawali dengan Perayaan Ekaristi dipimpin oleh Moderator OMK Paroki Pahauman Pastor Yoseph Ekatom OFMCap. Turut hadir pembina OMK dan umat berjumlah kurang lebih 200 orang sebagai bentuk dukungan terhadap kegiatan kaum muda ini.

Foto Bareng dalam keseruan acara Ekaristi Kaum Muda


Ekaristi Kaum Muda (EKM) merupakan program OMK Paroki Pahauman yang dilaksanakan sekali dalam dua bulan di wilayah yang telah ditentukan. EKM ketiga di tahun 2019 ini mengusung tema Duc In Altum dikutip dari Injil Lukas 5:1-11 yang artinya bertolaklah ke tempat yang lebih dalam.


“Tema ini diangkat untuk menumbuhkan semangat OMK menjadi pelayan gereja. Seperti nelayan menjala ikan, semakin dalam dia bertolak maka semakin banyak juga dia mendapatkan ikan. Begitu juga dengan OMK, jangan pernah takut untuk bertolak ke tempat yang lebih dalam supaya kita mendapatkan banyak pengalaman iman dan membangun mental yang kokoh dalam menghadapi tantangan zaman,” demikian penjelasan salah satu pembina OMK, Irin.

Suasana Kegiatan Ekaristi Kaum Muda


Usai Perayaan Ekaristi, EKM dilanjutkan dengan santap siang bersama. Seluruh peserta duduk melantai menikmati bekal yang dibawa masing-masing sambil menikmati senandung lagu dari panitia. Suasana keakraban antar OMK terlihat dari santap siang yang didominasi oleh percakapan singkat dan canda tawa.


Kemudian, peserta dari Paroki Pahauman yang mengikuti kegiatan Capuchin’s Camp V di Rumah Retret Tirtaria, Sungai Raya, Kubu Raya pada tanggal 6-9 Juni 2019 membagikan tema dan pengalaman mereka dalam mengikuti kegiatan tersebut kepada seluruh OMK Paroki Pahauman.


Salah satu peserta bernama Angga menjelaskan bahwa kegiatan Capuchin’s Camp V dengan tema “OMK Rahmat Bagi Sesama” menghimbau dan mengharapkan OMK menjadi rahmat melalui hal sederhana. “Kita menyediakan waktu untuk berpartisipasi dalam kegiatan gereja, seperti EKM atau bakti sosial sudah merupakan wujud rahmat yang kita berikan kepada sesama,” katanya.

Canda dan tawa bersama masih dalam suasana EKM

Kegiatan EKM yang ditutup dengan ice breaking ini menciptakan kesan yang menggembirakan dalam diri OMK sebab mereka dapat berjumpa dan bernyanyi bersama teman-teman OMK dari berbagai wilayah di Paroki Pahauman.


“Saya merasa bangga sekaligus senang melihat semangat teman-teman OMK dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari pagi sampai menjelang sore. Kegiatan EKM mempererat hubungan kami OMK dan selalu menampilkan hal-hal baru sehingga tidak membosankan,” ungkap Gius.

By. Pricilia Grasela ( Volunteer Komsos KAP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *