Mon. Oct 14th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

“Kita Sering Berkutat dengan Dunia semacam ini,”Ujar Mgr. Agus _

Uskup Agung Pontianak Pimpin Misa Pembukaan Eksorsisme

Tanggal 19 September 2019, di Keuskupan Agung Pontianak Gereja Santo Yoseph Katedral telah diberlangsungkan misa pembukaan Conference Exorcism yang dipimpin langsung oleh Mgr. Agustinus Agus.

Suasana Misa Pembukaan Exorcism di Gereja Santo Yoseph Katedral Keuskupan Agung Pontianak

Misa (OPENING MASS at Cathedral; Presided by Archishop Mgr. Agustinus Agus) dimulai pada pukul 18,00 WIB didampingi oleh puluhan imam yang juga tergabung ikut dalam Conference Exorcism tanggal 19-23 September 2019.

Perarakan dimulai dari depan pintu masuk Gereja dan disambut dengan iringan lagu oleh Koor Fransiskus Assisi Santo Yoseph Katedral.

Dalam kesempatan perayaan misa sore itu, Uskup Agus mengatakan bahwa ia sangat mendukung acara yang berkutan dengan ‘setan’ itu, sebab dari kecil, lingkungan budayanya juga sudah berkutat dengan hal yang semacam ini. Untuk itu, supaya pengetahuan tentang ‘dunia ini’ dalam persepektif Gereja tidak salah. Maka perlu adanya acara semacam ini.

Suasana Misa Pembukaan Conference On Exorcism di Keuskupan Agung Pontianak yang dipimpin langsung oleh Mgr. Agustinus Agus – Uskup Agung Pontianak

Dalam kesempatan itu, Mgr Agus, juga memaparkan secuplik perkenalan luas wilayah Keuskupan Agung Pontianak, jumlah Imam yang bekerja, dan karya-karya Gereja di tanah Kalimantan Barat.

“ Secara khusus, saya mengucapkan selamat datang kepada peserta Conference on Exorcism yang dilaksanakan di Keuskupan Agung Pontianak yang dimulai pada tanggal 19-23 September 2019 di Q- Hotel Convention Centre, – The Archidiocese Of Pontianak bekerja sama dengan STKIP Pamane Talino Ngabang.

Hal-hal yang semacam ini (Pengetahuan dunia Exorcism) juga tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari kita. Kadang Pastor-pun masih takut dengan Hantu,”ujarnya.

Dalam Sambutan P. Johanes Robini Marianto, OP- ia memperkenalkan para imam-imam yang tergabung dalam Conference On Exorcism ini, dan ia berharap semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan secara baik dan sukses. Harapannya, pengetahuan tentang dunia ini, semakin dimengerti secara jelas dalam ajaran Gereja Katolik

Dalam homilinya, Mgr. Agustinus juga menyampaikan syukur kepada Tuhan bahwa meskipun Kalimantan Barat, terlebih secara khusus Keuskupan Agung Pontianak, diselimuti oleh kabut asap, tetapi Puji Tuhan, acara ini tetap bisa dilaksanakan.

“Saya mendukung Conference Exocism ini, dan saya berharap ini tidak hanya yang pertama, melainkan ini bisa terus dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya di Keuskupan-keuskupan Indonesia,”katanya.

Suasana Misa Pembukaan

Sambutan Uskup Agus, mengatakan bahwa; kadang tidak bisa dipungkiri lagi, dalam aktivitas sehari-hari kita, sering bertemu dan berkutat dengan hal semacam ini. Maka dari itu, seminar ini tujuannya supaya, kita tahu dan mau melawan kuasa-kuasa gelap itu dalam kehidupan sehari-hari kita dengan cara Gereja Katolik.

“Kita mengucapkan Puji Syukur kepada Tuhan, bahwa dengan perantaraan Kristus, Conference On Exorcism tanggal 19-23 September 2019 ini, dimulai,”katanya sembari membuka Konfrensi Eksorsisme di Pontianak (2019).

Usai misa pembukaan, para imam diajak Mgr. Agus untuk berfoto bersama sebagai tanda kenangan. Sementara selesainya foto para imam, Uskup Agung Pontianak juga diajak oleh peserta untuk foto ‘bareng’karena bagi mereka ini merupakan momen yang jarang dilakukan.

Mari kita ucapkan, selamat dan Sukses Berlangsungnya acara Conference On Exorcism, tanggal 19-23 September 2019 di Keuskupan Agung Pontianak yang bekerja sama dengan STKIP Pamane Talino Ngabang. –Semz_KomsosKAP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak