Thu. Mar 28th, 2024

Keuskupan Agung Pontianak

Instaurare Omnia in Christo

Temu BAPAKAT SINGBEBAS Hasilkan 6 Rekomendasi

Minggu (22/09/19), mengakhiri pertemuan Bapak-Bapak Katolik Dekanat Singkawang, Bengkayang, dan Sambas telah merumuskan enam point penting rekomendasi melalui Pastor Moderator untuk disampaikan kepada Rapat Dewan Imam Dekanat Singbebas.

Adapun rekomendasi ini dimaksud untuk menerangkan jati diri Bapak-Bapak Katolik sebagai bagian dari Kelompok Kategorial Kerasulan Awam di paroki masing-masing.

Melalui tim 8 BAPAKAT, Paroki Santa Maria Nyarumkop, Santo Fransiskus Assisi Singkawang, Santo Petrus Sanggau Ledo, Santo Mikael Jagoi Babang, Santo Yosep Samalantan, Santo Yosep Pemangkat, Santo Pius X Bengkayang, dan  Kristus Raja Paroki Sambas, bersepakat merekomendasikan hal-hal sebagai berikut :

Pertama, BAPAKAT SINGBEBAS berkomitmen menjunjung spiritualitas kerasulan awam.

Kedua, BAPAKAT SINGBEBAS merupakan wadah keeasulan awam dalam kelompok kategorial bukan merupakan organisasi kemasyarakatan (ORMAS).

Ketiga, BAPAKAT SINGBEBAS dalam menjalankan tugas kerasulan awam di bawah naungan Dewan Pastoral Paroki (DPP).

Keempat, BAPAKAT SINGBEBAS dianggap perlu membentuk koordinator wilayah (KORWIL) sebagai sarana komunikasi, diskusi, dan solusi antar Dekanat SINGBEBAS.

Kelima, BAPAKAT SINGBEBAS akan mengadakan pertemuan secara berkala, yakni setiap 2 tahun sekali di paroki Dekanat SINGBEBAS.

Keenam, BAPAKAT DEKANAT SINGBEBAS berkomitmen sebagai PILAR BAPAK HARI MINGGU dan kegiatan hidup menggereja di masing-masing paroki.

Dari butir-butir rekomendasi yang telah disepakati ini akan ditndaklanjuti oleh Pastor Moderator Ignasius Day, OFM Cap pada rapat Dewan Imam Sedekanat SINGBEBAS.

Sebagai Pastor Moderator Bapak-Bapak Katolik Dekanat SINGBEBAS, Pastor Ignasius Day, OFM Cap menjelaskan spirit kerasulan awam melalui BAPAKAT akan memperkuat pondasi Gereja bersama kelompok kategorial lainnya dalam membangun kerjasama antar lini.

Pertemuan BAPAKAT selama tiga hari di Rumah Retret Emaus Nyarumkop-Singkawang ditutup dengan Misa Syukur bersama umat Paroki Santa Maria Nyarumkop dan dilanjutkan tukar cenderamata antar peserta BAPAKAT.

*Andreas Oyent

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak