Mon. Sep 21st, 2020

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Mgr. Agustinus Agus Lantik 15 Prodiakon Paroki Katedral St. Yosef Pontianak

Memasuki Minggu ketiga masa Adven atau biasa dikenal dengan Minggu Sukacita (Gaudete), Paroki Katedral St. Yosef Pontianak mengukir peristiwa penting yang patut disyukuri yaitu pelantikan 15 prodiakon untuk periode 2019-2022.

Peristiwa bersejarah ini dibawa dalam perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus didampingi Pastor Paroki Katedral St. Yosef Pontianak, Pastor Alexius Alex Mingkar Pr.  

Dalam homilinya, Mgr. Agus mengajak segenap umat untuk bersukacita karena masa penantian telah berjalan setengah dan akan segera berakhir. Susana yang ditandai dengan dinyalakannya lilin berwarna merah muda ini mau menyampaikan bahwa suasananya bukan lagi pertobatan, tetapi lebih mengajak segenap umat untuk bergembira dan penuh pengharapan.

“Mari kita menantikan kedatangan Sang Juru Selamat dengan  penuh pengharapan, sukacita dan kesabaran,” ajak Uskup.  

Oleh karena itu lanjut Uskup yang suka bernyanyi ini, hendaknya pengharapan, sukacita dan kesabaran dalam pelayanan juga harus dinampakkan dalam hidup sehari-sehari.

Selanjutnya, 15 orang prodiakon diundang maju ke depan altar untuk mengucapkan ikrar atas kesediaanya untuk mengemban tugas perutusan ini dihadapan uskup, imam dan segenap umat yang hadir.

Kemudian, Mgr. Agustinus Agus memberi berkat disusul dengan pengalungan samir kepada 15 prodiakon yang telah resmi dilantik.

Kemudian Pastor Alex menjelaskan bahwa kehadiran prodiakon ini sebagai bentuk partisipasi dan keterlibatan umat katolik khususnya dalam tugas perutusan membantu pastor paroki.

“Menjadi seorang prodiakon berarti melaksanakan tiga tugas penting yaitu membantu imam membagikan komuni pada saat perayaan ekaristi berlangsung, mengantar komuni untuk orang sakit dan lansia di lingkungan-lingkungan, dan memimpin upacara di pemakaman apabila pastor berhalangan. Kami sudah membuat jadwal untuk mereka” ungkap Pastor Alex seraya mengajak segenap umat untuk berdoa serta memberikan dukungan kepada para prodiakon ini agar mampu melaksanakan tugas perutusan yang dipercayakan kepada mereka.

Salah satu prodiakon yang baru dilantik, Erick Suseno Martio mengatakan bahwa dalam menjalankan tugas, mereka harus melayani sesuai dengan ajaran Tuhan.

“Sebagai seorang prodiakon, kami juga mewartakan kabar gembira dan berusaha tidak melakukan perbuatan yang bertentangan dengan ajaran Kristus,” ungkap Erick.

Pricilia Grasela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak