Mon. Sep 21st, 2020

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Natal SEKAMI di Paroki St. Yohanes Pemandi Pahauman, KA Pontianak

PERAYAAN Natal SEKAMI (Serikat Kepausan Anak-Anak Remaja Misioner) merupakan perayaan yang dinantikan oleh para anak-anak di Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman, Keuskupan Agung Pontianak. Betapa tidak, perayaan yang terjadi setahun sekali ini menjadi puncak sukacita anak-anak yang tergabung dalam SEKAMI.

“Ketika Natal, saya selalu tidak sabar menunggu datangnya Natal SEKAMI. Itu karena saya dan teman-teman mendapat tugas menjadi anggota kelompok koor dan petugas liturgi. Kami juga bertemu dengan teman-teman dari stasi-stasi di paroki ini,” demikian kata Penta, anggota SEKAMI Pahauman.

Natal SEKAMI sudah tidak asing lagi di telinga umat Paroki Pahauman. Ini karena  perayaan ini senantiasa dirayakan dari tahun ke tahun dan telah menjadi agenda tahunan SEKAMI. Tentu saja, perayaan ini sungguh menjadi kenangan indah bagi para umat yang pernah tergabung dalam anggota SEKAMI.

“10 tahun yang lalu, saya juga pernah terlibat dalam Natal SEKAMI bersama teman-teman saya. Kami sibuk mempersiapkan tarian yang akan ditampilkan pada saat acara hiburan,” kenang Agnes.

Tahun 2020

Bertepatan dengan Hari Raya Penampakan Tuhan atau Epifani, Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman juga merayakan Natal SEKAMI pada hari Minggu, 6 Januari 2020. Acara ini berlangsung di Gereja Sementara Santo Yohanes Pemandi Pahauman yang berlokasi di Asrama Desa Putra Pahauman.

Perayaan Natal SEKAMI diawali dengan misa syukur, baru kemudian dilanjutkan dengan acara tiup lilin dan hiburan.

Ada hal yang menarik dari perayaan tersebut, para anak-anak diberi kesempatan untuk menjadi petugas liturgi, mulai dari lektor, pemazmur, bahkan kelompok koor. Mereka juga telah mempersiapkan tarian penyambutan dan tarian persembahan bernuansa khas Dayak.

Maka, sejak pukul 06.15 WIB, beberapa anak SEKAMI telah hadir di sekitar komplek gereja ditemani oleh orangtuanya. Mereka berkumpul seraya mendengarkan arahan dari pembina mengenai tugas yang akan mereka emban pada hari itu.

Misa syukur yang dimulai pukul 07.00 WIB dipimpin oleh Pastor Yosef Ekatom OFMCap. Misa tersebut dihadiri oleh anak-anak SEKAMI, animator-animatris, pembina dan para umat dari pusat Paroki Pahauman dan beberapa stasi seperti Stasi Tebing Tinggi, Stasi Senakin, Stasi Padang Simpudu, Stasi Pate, dan sebagainya.

Anak-anak jadi masa depan Gereja

Dalam kotbahnya, Pastor Yosef OFMCap menyatakan dukungannya kepada anak-anak SEKAMI seraya mengajak para umat untuk mendukung kegiatan- kegiatan yang diadakan oleh SEKAMI sebab anak-anak tersebut merupakan masa depan gereja dan umat. 

“Hari ini kita bergembira bersama anak-anak SEKAMI yang merupakan masa depan kita sehingga kita wajib mendukung dan memberi apresiasi kepada mereka. Maka tugas kita adalah menjamin mereka untuk berkembang dengan baik seturut kehendak Tuhan serta melindungi mereka dari ancaman hal yang tidak baik yang dapat memengaruhi mereka,” kata Pastor Yosef OFMCap.

Acara kemudian dilanjutkan dengan doa syukur atas Ulang Tahun SEKAMI yang ke-177 tahun dan pemberkatan kue ulang tahun. Setelah itu, pastor, pembina SEKAMI dan perwakilan satu anak dari setiap stasi meniup lilin tersebut diiringi dengan lagu dan tepuk tangan meriah.

“Kami mengundang anak-anak dari seluruh stasi di Pahauman untuk hadir dalam Natal SEKAMI ini supaya mereka merasakan sukacita dalam suasana natal di pusat paroki,” jelas Kak Yani, salah satu Pembina SEKAMI yang turut mendampingi anak-anak dalam mempersiapkan perayaan natal tersebut.

Tidak hanya didampingi oleh para pembina, anak-anak SEKAMI juga didampingi oleh para animator dan animatris yang berperan sebagai penggerak semangat mereka dalam pertemuan dan kegiatan. Para animator juga menikmati perayaan natal tersebut dengan penuh kegembiraan.

“Anak-anak SEKAMI adalah penghibur kami. Kami merasa senang melihat mereka menikmati Perayaan Natal ini dengan riang dan canda tawa,” ungkap Rian, salah satu animator SEKAMI Paroki Pahauman.

Semangat anak-anak SEKAMI memang patut diapresiasi. Mereka antusias dalam mengisi acara hiburan dalam perayaan natal tersebut, seperti tarian jingle bells dan paduan suara lagu selamat natal seraya menyempatkan diri untuk saling menyapa antara satu sama lain.

Selamat Hari Raya Natal dan Tahun Baru dari SEKAMI Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman.

Pricilia Grasela

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak