BERBAGI KASIH BERSAMA ANAK-ANAK

Setelah melaksanakan misa malam Paskah, pada pagi ini umat Katolik MRPD Pancasila Pontianak kembali mengadakan misa Paskah pagi bersama anak-anak, remaja dan OMK di Gedung Gereja MRPD pada hari Minggu 01 April 2018. Paskah pagi ini sebagaimana biasanya memang dikhususnya bagi anak-anak untuk merayakan Paskah bersama orang tua. Panitia sudah mempersiapkan aneka perlombaan setelah melaksanakan misa. Tentunya, kehadiran telur bagi anak-anak di perayaan Paskah merupakan saat yang ditunggu-tunggu. Maka dari itu perlombaan mencari telur adalah suatu tradisi yang menggembirakan bagi anak-anak untuk bersama-sama merasakan sukacita Paskah yang akan selalu dikenang.

Misa Paskah pagi sendiri dipimpin oleh Pastor John Rustam dengan diiringi lagu dari paduan suara OMK Santo Paskalis. Apabila ditelusuri dengan teliti, umat pagi ini memang dipenuhi oleh anak-anak bersama orang tua. Panitia Paskah sendiri sudah jauh hari mengumumkan mengenai Paskah pagi yang notabene merupakan paskah bagi anak-anak pula. Telur-telur sendiri merupakan gotong royong atau sumbangan dari umat di setiap lingkungan paroki MRPD Pancasila Pontianak. Karena antusias umat terhadap perayaan paskah anak-anak ini, sehingga terkumpullah sejumlah 6000 butir telur yang akan dibagikan kepada anak-anak yang hadir dalam misa maupun perlombaan paskah tersebut.

Dalam misa Paskah pagi ini juga dilakukan prosesi pemercikan air suci yang sebelumnya diucapkan terlebih dahulu janji babtis yang dilanjutkan dengan Doa Syahadat Para Rasul yang singkat untuk memantapkan iman para umat. Pastor John kemudian mengitari setiap lorong bangku umat dan memerciki air suci ke arah umat.

Dalam kotbah, Pastor John Rustam memberikan nasehat kepada umat untuk memecahkan segala macam kelemahan yang ada pada diri ibaratkan sebuah telur. Menurut Pastor John, di dalam telur terdapat suatu kehidupan, di mana kehidupan itu memiliki kekuatan dari dalam untuk memecahkan cangkangnya. Maka dari itu, apabila kita merasa malas dalam melaksanakan tugas-tugas maka hendaknya kita perlu memecahkan kemalasan itu. Apabila terjadi rasa malu untuk hadir ketika ingin merayakan misa di gereja, maka pecahkan rasa malu itu.

“Semoga kita semua melalui Paskah ini diyakinkan oleh Kristus yang telah bangkit. Dan mari kita menerima itu semua dengan penuh semangat,” kata Pastor John menutup kotbahnya pada minggu Paskah pagi ini.

Setelah misa paskah pagi selesai digelar, selanjutnya anak-anak berbondong-bondong untuk mendapatkan bingkisan yang akan dibagikan oleh panitia. Di basement Gereja MRPD Pancasila akan digelar aneka perlombaan yang akan diikuti oleh anak-anak. Kegiatan ini akan terus dilestarikan sebagai budaya setiap perayaan paskah demi menumbuhkembangkan iman serta minat anak pada kegiatan-kegiatan gereja yang dapat membangun kehidupan rohani anak-anak.

(Fransesco Agnes Ranubaya, OFS)

Tinggalkan Balasan