“DOCAT”, Bantu Orang Muda Katolik Memahami Ajaran Sosial Gereja (ASG)

Ada kabar gembira bagi kaum muda yang mau mengerti tentang ajaran-ajaran sosial Gereja Katolik dengan mudah, yaitu melalui buku “DOCAT”.

Kehadiran DOCAT sebagai angin segar bagi orang muda untuk melihat dunia sekitar mereka dengan segala keprihatinannya. Lebih dari itu, DOCAT membantu orang muda untuk mengubah diri, lingkungan dan dunia.

DOCAT merupakan singkatan dari “DO (to do) ” dan “CAT (cathecism)”. Jadi DOCAT berisi ajaran-ajaran sosial Gereja Katolik yang ditulis dengan gaya khas YOUCAT (katekese untuk kaum muda). DOCAT ini sangat cocok untuk kaum muda yang mau mengerti tentang ajaran-ajaran sosial Gereja Katolik dengan mudah. Dengan DOCAT, kaum muda juga dapat mengajarkan ajaran sosial Gereja kepada orang lain.

Ada 12 tema yang dikupas dalam buku ini, termasuk di antaranya adalah topik tentang rencana besar Allah, prinsip-prinsip Ajaran Sosial Gereja, pekerjaan dan panggilan, kekuasaan dan moralitas serta menjaga keutuhan ciptaan.

Terkait hal itu, tanggal 13-14 April 2018 lalu bertempat di susteran KFS Pontianak telah dilaksanakan pertemuan bagi kaum muda  Keuskupan Agung Pontianak  guna mendalami dan memahami isi DOCAT.

RD. Yosep Maswardi selaku Ketua Komisi Kepemudaan Keuskupan Agung Pontianak mengawali pertemuan dengan perkenalan dan penjelasan singkat tentang DOCAT sembari diselingi dengan ‘ice breaking’ (mencairkan kebekuan sebelum proses pendalaman materi).

Banyak hal yang dibahas dalam sesi-sesi yang ada di DOCAT kala itu. Ditambah dengan pemateri yang dengan gaya asyiknya menyampaikan materi.

Sesi pertama ada Recall YOUCAT dan Per-test DOCAT, sesi kedua ; DOCAT dan Impian Paus Fransiskus, Sharing Pohon YOUCAT, sesi ketiga; Pengantar Merey Walk dan Merey Talk (Ice Breaking), Merey Walk dan Merey Talk (MWMT) dan Sharing dengan pembahasan MWMT. Sesi keempat; mengenal empat prinsip Ajaran Sosial Gereja atau yang disingkat ASG- yaitu solidaritas sekaligus makan malam, kesejahteraan umum, subsidiaritas, pribadi.

Sesi ke lima; Renungan Malam dan Komitmen DOCAT. Sesi ke enam; Recall Empat Prinsip ASG dan Study Grub dan lanjut sesi ke tujuh, yaitu; Pohon YOUCAT –Komitmen DOCAT. Beberapa sesi diatas dibawakan langsung oleh Nadia,Williem dan Nando.

Puncak acara ditutup dengan misa oleh RD. Yosep Maswardi. Usai misa dilanjutkan dengan penandatanganan Book of Commitment yang memberi tanggungjawab kepada orang muda untuk membangun diri sendiri, pertama-tama dengan mendekatkan diri kepada Injil, lalu kepada lingkungan sekitar, dan akhirnya kepada seluruh dunia. Karena dengan kekuatan Injil, orang muda  sungguh dapat mengubah dunia. Inilah katekese yang harus dijalankan oleh orang muda sebagai wujud dari komitmen iman orang muda.

Diharapkan dengan DOCAT akan membantu memandu orang muda dalam pembentukan hati nurani dan tindakan berbasis Injil terkait isu-isu sosial seperti kemiskinan, tenaga kerja, lingkungan, dan perdamaian.

Orang-orang muda adalah cermin dari dunia ini yang terluka, takut, tidak aman, dan sangat bingung. Oleh karena itu orang muda harus menjadi instrumen persatuan.

Paul-Semz_Komsos KAP

Tinggalkan Balasan