Paskah SEKAMI di Katedral Pontianak :Yesus Teladan Anak Misioner

Perayaan Paskah meriah  khusus anak-anak  Serikat Kepausan Anak dan Remaja Misioner Indonesia (SEKAMI) tahun ini kembali digelar dalam misa ke-dua hari raya paskah  1 April 2018 di Gereja Katedral St. Yosef Pontianak. Sekitar lima ratusan anak SEKAMI paroki Katerdal dan sekitarnya membaur dalam suasana sukacita  untuk bersama-sama merayakan hari raya kebangkitan Tuhan Yesus, Sang Juru Selamat manusia. Suasana paskah ini dikemas oleh panitia dengan sangat menarik, dibalut dengan ornamen-ornamen ‘khas anak-anak’, seperti  para petugas liturgi dipercayakan kepada anak-anak. Ada juga bingkisan paska yang akan dibagikan kepada seluruh anak-anak yang hadir dan telur-telur paska yang nantinya akan dibagikan kepada seluruh umat setelah berkat penutup.

Aura kemeriahan pesta paskah ‘miliknya anak-anak’ini semakin terasa ketika perarakan masuk imam, para petugas liturgi dan misdinar , diiringi dengan eloknya tarian dari anak-anak SEKAMI. Pemandangan ini cukup menarik  ribuan mata umat yang hadir khususnya bagi umat yang berada di lantai dua yang hanya bisa menyaksikannya melalui monitor. Merasa tidak puas, akhirnyaumat-umat  yang berada di lantai dua tersebut berdiri keluar dari kursi kemudian memadati selasar atas untuk melihat penampilan apiktarian etnis Dayak yang dibawakan oleh anak-anak SEKAMI dalam prosesi perarakan.

Misa paskah meriah SEKAMI ini dipimpin oleh Romo Andreas Kurniawan OP. Pada saat memberikan homili, Romo Ekonom Keuskupan Agung Pontianak ini turun dari altar dan berjalan mendekati anak-anak SEKAMI, menyapa hangat mereka dan kemudian melontarkan beberapa pertanyaan seputar paskah kepada anak- anak. Riuh, gaduh, penuh sorak dan tawa, begitulah suasana yang mewarnai sesi tanya-jawab interaktif tersebut. Terlihat Anak-anak begitu antusias mengangkat tangan, berlomba-lomba untuk menjawab pertanyaan dari Romo. Mereka yang bisa menjawab pertanyaan langsung mendapat hadiah paskah berupa Rosario dari Romo Andreas.

Romo Andreas berharap semoga dengan perayaan paska SEKAMI ini, anak-anak  mampu menjadikan Yesus sebagai teladan semangat misioner mereka. Melaluikegiatan Paskah SEKAMI tahun 2018, anak-anak diajak untuk selalu berperan aktif seraya mengembangkan iman, menyalurkan bakat-bakat mereka melalui berbagai kegiatan. “Mari kita memberi dukungan agar anak-anak kitatumbuh  dengan baik  dan terbiasa untuk memulai dari hal-hal kecil, sebab Anak adalah masa depan Gereja,” ungkapnya.

 Sr. Maria Seba SFIC

Tinggalkan Balasan