Doa Paus Fransiskus untuk Surabaya dan Indonesia

Kalau dicermati, jarang sekali pimpinan umat Katolik dunia, Paus Fransiskus menyinggung tentang Indonesia. Namun, tragedi serangan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya menggerakkan Paus untuk mendoakan Indonesia.

Maka menjelang doa Regina Caeli atau Ratu Surga di Lapangan Santo Petrus, Vatikan Paus Fransiskus menyampaikan doa untuk para korban serangan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya dan keluarganya, Minggu (13/5/2018).

“Untuk orang-orang Indonesia yang terkasih, terutama untuk komunitas Kristiani di Kota Surabaya, yang sangat menderita oleh karena serangan serius terhadap rumah-rumah ibadah mereka, saya melambungkan doa saya untuk para korban dan keluarga mereka,” ujar Paus.

Paus juga berharap umat Kristiani di Indonesia mau memaafkan dan tidak membalas aksi teroris dengan kekerasan.

“Saya mengajak semua umat Katolik memohon kepada Allah Sang Damai agar berkenan menghentikan tindakan-tindakan kekerasan di bumi, menghilangkan perasaan kebencian dan kekerasan di hati semua orang, dan membangkitkan rekonsiliasi dan persaudaraan,” ujar Paus Fransiskus.

Pernyataan Paus ini juga disiarkan lewat akun Instagram resmi milik Vatikan dalam bahasa Italia.

Tragedi teror bom bunuh diri mengguncang tiga gereja di Surabaya. Serangan  pertama di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Ngagel.  Teror kedua terjadi di Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro, dan ketiga di Gereja Pentakosta Pusat Surabaya di Arjuna.

Paul _ Komsos KAP

Tinggalkan Balasan