Beri Pemahaman Nilai Sebuah Berita, Errol Jonathans Ajak Peserta Pelatihan Jurnalistik Diskusikan Sepuluh Topik Berita Utama

Komunikasi Sosial Keuskupan Agung Pontianak (KOMSOS KAP) mengelar Workshop pelatihan jurnalistik  yang bertujuan   untuk memberikan wadah khususnya bagi anak muda, agar dapat meningkatkan pengetahuan di bidang jurnalistik. Acara diklat jurnalistik tersebut berlangsung selama tiga hari 1-3 Juni 2018 bertempat di Wisma Immaculata dengan lebih menekankan  pada sisi teknis melaksanakan tugas jurnalistik di kancah pewartaan gereja.

Diskusi kelompok

Antusiasme animo/peserta  pelatihan jurnalistik dari berbagai paroki se-Keuskupan Agung Pontianak terlihat dari respon positif masing-masing paroki  yang telah  memenuhi undangan  panitia dengan  mengirim utusan/duta terbaik paroki masing-masing.  Para peserta yang sudah tiba, langsung dipandu oleh panitia untuk melakukan registrasi, kemudian dilanjutkan dengan sesi perkenalan.

Pada sesi pertama para peserta disuguhi dengan  dua materi  pokok seperti pemahaman dasar Jurnalistik sebagai sarana pewartaan Gereja, Dasar-dasar Jurnalistik  menghadirkan pembicara yang kompeten di bidangnya yaitu Direktur Utama Suara Surabaya Media Errol Jonathans. Menurut Sarjana Komunikasi alumnus Sekolah Tinggi Komunikasi Surabaya ini, meskipun begitu banyak jurnalis yang beredar di pasaran tetapi mereka hanya melihat apa yang mereka lihat tetapi belum memenuhi kaidah Jurnalistik dan kode etik jurnalistik. Di sinilah letak tujuan dari pelatihan jurnalistik ini agar peran kaum muda di dunia pewartaan gereja sungguh-sungguh mengena sesuai dengan harapan serta memenuhi kaidah jurnalistik dan kode etik yang baku.

Peserta workshop mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya.

Untuk memperdalam  pemahaman serta mengasah kemampuan para peserta dalam mengimplementasikan suatu peristiwa menjadi berita yang layak dikonsumsi pembaca, Errol membagi peserta dalam dinamika kelompok dengan topik yang bernama News Value. Masing-masing kelompok diberikan  sepuluh topik berita utama dan minta untuk menilai topik berita tersebut untuk diurutkan berdasarkan pentingnya sebuah berita dipublikasikan. Sepuluh topik berita utamanya adalah sebagai berikut:

  1. Menteri ketenagakerjaan: Perusahaan tidak diberi THR didenda 5% total THR.
  2. Kapolrestra Pontianak: Bercanda soal bom di pesawat diancam pidana
  3. Terbukti bersalah, direktur utama First Travel divonis 20 tahun penjara
  4. Wartawan Rusia yang mengkritis pemerintah ditembak mati di kiev
  5. Pejabat sementara Walikota Pontianak melarang masyarakat main layangan
  6. “BTS” jadi artis K-Pop pertama yang lagunya tembus No. 1 di Billboard 100
  7. DPR desak Presiden terbitkan Prspres pasca revisi UU terorisme disahkan
  8. Zidane pelatih Real Madrid mengundurkan diri usai juara Champion 2018
  9. KPU larang Eks narapidana korupsi calon diri sebagai anggota legislatif
  10. DPRD Kalbar anggarkan RP 45 milyar pesparawi  nasional 2018 di Pontianak.

Usai diskusi tiap kelompok diberi waktu untuk mempresentasikannya.

Sr. Maria Seba_Komsos Kap.

Tinggalkan Balasan