Selamat Datang Peserta Workshop Pelatihan Jurnalistik KAP

Tercatat 48 partisipan  perwakilan dari beberapa Paroki yang ada di wilayah Keuskupan Agung Pontianak  mengikuti kegiatan pelatihan Jurnalistik pada sore hari pertama (1/06/2018). Kegiatan ini dibuka oleh Tim Komsos KAP dengan sesi perkenalan. Setelah perkenalan dilanjutkan dengan sesi pertama tentang Jurnalisme Sarana Pewartaan Gereja oleh Errol Jonathans (Komsos KWI-CEO Radio Suara Surabaya).

Sesi pertama dimulai dengan sajian poin-poin teoritis dari sebuah peristiwa Jurnalistik yang melingkupi; bagaimana mengenal inti dari sebuah kegiatan jurnalistik baik dengan medsos maupun dalam bidang perwartaan media umum di tengah masyarakat. Kilas tentang etika dalam jurnalistik, foto jurnalistik, dan bagaimana membuat berita yang memiliki dampak untuk  para pembaca. Terlebih dalam konteks Komsos KAP adalah mengenai  pewartaan tentang karya Gereja.

Errol Jonathans mengatakan  bahwa dalam penulisan berita yang terpenting adalah wartawan sudah mengenal visi dan misi dari media yang akan menerbitkan berita tersebut. Setelah itu baru konsep berita yang akan disajikan. Selanjutnya, dalam konteks seorang wartawan yaitu gaya penulisan. Gaya penulisan ini sangat penting dalam sebuah pewartaan sebuah berita, apalagi konteks kali ini akan menyajikan pewartaan dalam bidang Gerejawi.

Serius mendengarkan paparan dalam Pelatihan Jurnalistik di Wisma Immaculata Pontianak 1-3 Juni 2018.

Kemudian tahap yang terkahir adalah Interview, sebab banyak data yang akan ditulis, dilaporkan, dan diterbitkan untuk para pembaca adalah sumber data yang dilakukan dengan wawancara alias interview. Adapun sesi yang diberikan Dengan sesi News Value, News Judgement (A + B + C = C/ Accuracy + Balance + Clarty = Credibility) yang sebagai bekal awal untuk melangkah menjadi seorang pewarta dalam Gereja.

Pelatihan masih berlanjut bersama Errol Jonathans dengan tema “Dasar-dasar Jurnalistik,” semoga selanjutnya, peserta untuk sesi selanjutnya semakin bersemangat untuk mengikuti kegiatan Jurnalistik hari dan kegiatan selanjutnya.

Semz_KOMSOSKAP

Tinggalkan Balasan