Mgr. Agustinus Agus Ajak Kaum Muda Menjadi Jurnalis yang Mewartakan Kebenaran.

Website resmi Keuskupan Agung Pontianak (kap.or.id) akan menjadi sumber informasi akurat yang bisa diakses siapapun dan kapan pun,” ungkap Mgr. Agus dalam kunjungannya pada sesi pertama di hari kedua kegiatan pelatihan jurnalistik pagi ini. Kunjungan khusus Mgr. Agus menjadi momen yang istimewa, karena dalam kunjungan tersebut Uskup memberikan motivasi serta dukungan penuh bagi para partisipan untuk siap diutus menjadi jurnalis yang komit mewartakan kebenaran.

Dalam kesempatan ini juga, Uskup kelahiran Lintang, 22 November 1949 membuka sesi tanya jawab kepada seluruh partisipan. Para peserta sangat antusias menyampaikan beberapa pertanyaan seputar kegiatan yang ada di Keuskupan Agung Pontianak seperti: Program sensus paroki-paroki yang berlandaskan salah satu visi-misi Keuskupan yang berbunyi “Mengoptimalkan struktur organisasi di tingkat keuskupan dan paroki dalam meningkatkan mutu pelayanan pastoral berbasis data”. Kemudian tentang wisata rohani di tempat ziarah Anjongan, pendidikan perguruan tinggi, hoax, wadah jurnalis katolik secara khususnya website keuskupan dan peran media massa.

Di hadapan para peserta diklat Jurnalistik, Uskup  mengajak seluruh partisipan yang rata-rata adalah Orang Muda, untuk ‘memanfaatkan’ kecanggihan media sosial dengan sebaik-baiknya. Menurut Uskup, kecanggihan smartphone dengan segala dampak negatif dan positifnya bukan disikapi secara pesimistis, melainkan diperlakukan secara smart-and-wisely. “Manfaatkanlah kecanggihan medsos sebagai instrumen jitu untuk sebaran informasi yang benar, akurat dan terpercaya,” pungkasnya.

Mgr. Agustinus Agus menyampaikan testimoni di hadapan peserta pelatihan jurnalistik di Wisma Immaculata.

Di era yang serba globalisasi dan digitalisasi ini, seruan “Smart and wisely-Bijak Bermedsos” tersebut menjadi sangat aktual. Pasalnya  jejaring sosial adalah instrumen jitu  serta sasaran empuk untuk  penyebaran hoax, hate speech, dan sebagainya, hanya sekali klik maka akan goes viral.

Pesan  penting yang disampaikan oleh Mgr. Agus bagi para peserta pada kunjungan khususnya pada hari kedua pelatihan jurnalistik yaitu, sebelum memposting atau memfoward berita/informasi khusus yang menyangkut pemberitaan Gereja sangat perlu melakukan tindakan saring sebelum sharing atau di Check and re-check mengenai berita-berita abal/hoax yang berseliweran.

.

By Sr. Maria Seba_Komsos Kap

Tinggalkan Balasan