Mgr. Agustinus Agus Minta OMK Keuskupan Agung Pontianak Menjadi Misionaris Online

“Cara terbaik untuk melawan hoax, jadilah misionaris online”, demikian pernyataan Uskup Agung Pontianak Mgr. Agustinus Agus, Sabtu (2/6), di hadapan 48 peserta Pelatihan Jurnalistik yang diselenggarakan Komsos Keuskupan Agung Pontianak, di Rumah Retret Wisma Immaculata Pontianak.

Sikap misonaris online menurut Uskup dengan tidak menyebarluaskan berita-berita  yang tidak bisa dipercaya melalui media komunikasi. “Juga jangan ikut menyebarkan informasi yang bersifat provokatif. Meski sumber informasinya jelas, kita tidak punya hak menyebarkan informasi tersebut ke orang lain”, kata Uskup Agustinus Agus.

Uskup mencontohkan ketika dirinya menerima informasi yang meragukan, maka ia bersikap tidak langsung percaya. Bahkan info-info positif sekalipun menurutnya dapat berdampak negatif ketika disebarluaskan. “Saya sedih dengan orang yang menyebarluaskan informasi yang tidak pantas. Karena dampak media sangat luar biasa”, tambahnya.

Uskup Agustinus berharap peserta pelatihan ikut mendukung keberadaan media-media yang dikelola Keuskupan Agung Pontianak. Peserta diharapkan berkontribusi dengan mengirimkan informasi di wilayahnya untuk dimuat di website dan media Keuskupan lainnya. Saat ini Keuskupan Agung Pontianak sedang membenahi dan mengaktifkan kembali Komisi Komsos dengan mengganti kepengurusan, dan merencanakan pengadaan sarana-sarana kemediaan yang dibutuhkan. (*)

Tinggalkan Balasan