Dua suster dari Mexico Temui Mgr. Agus, Jajaki Kemungkinan Berkarya di Keuskupan Agung Pontianak

Selasa (5/6) sekitar pukul 08.15 WIB Mgr. Agustinus Agus kedatangan tamu para pastor dan suster dari Mexico. Kedatangan tamu ini dihantar oleh Pastor Orlando, OSM dan Pastor Tadeus, OSM yang saat ini berkarya di Quasi Paroki Jelimpo.

Di dampingi Pastor Pius Barces, CP, Mgr. Agus menyambut hangat kedatangan para tamu. Mengawali pembicaraannya, Mgr. Agus menjelaskan gambaran singkat tentang Keuskupan Agung Pontianak kepada para pastor dan suster dari Mexico ini.

Bicara dengan santai di ruang makan Keuskupan Agung Pontianak

Meski berbeda bahasa, Pastor Alexius, OSM, Pastor Jose Luis Marin, OSM, Pastor Angel, OSM, Suster Hermana Belen, OFM, dan Suster Adriana, OFM selaku Penasehat Umum Sekretariat Jenderal Konggregasi OFM, menyimak dengan serius apa yang dikatakan oleh Mgr. Agus.

Selanjutnya melalui penterjemah Pastor Orlando, OSM, dua orang suster dari Ordo Fatrum Minorum (OFM) ini mengemukakan maksud dan keinginan mereka kepada Mgr. Agus untuk kemungkinan dapat berkarya di Keuskupan Agung Pontianak.

Menanggapi maksud dan keinginan para suster OFM, Mgr. Agus mengatakan bahwa Keuskupan Agung Pontianak selalu membuka diri bagi konggregasi apa saja.

“Silahkan dijajaki kemungkinan itu. Yang penting ikuti aturan yang berlaku, seperti perlunya mengurus surat perijinan, tempat yang mau dijadikan karya misi, dan yang sangat penting adalah karya misi apa yang hendak diberikan di daerah ini,” ujar Mgr. Kepada dua orang suster OFM melalui penerjemah Pastor Orlando, OSM.

Mgr. Agustinus Agus – Uskup Agung Pontianak

Dua orang suster OFM itu menjelaskan, selama ini OFM sudah berkarya dalam bidang: rumah untuk para janda, sekolah, asrama, obat-obatan/farmasi, karya pastoral, perlindungan kepada mereka yang lansia, serta rumah sakit.

Karya suster-suster OFM terinspirasi pula oleh para misionaris Katolik yang  bekerja di tanah misi, seperti Kalimantan Barat ini.

Itulah awal mula mereka mengapa Kongregasi OFM ingin membuka karya di tempat baru untuk pelayanan mereka. Suster-suster OFM siap untuk menjadi misionaris di tanah Kalimantan Barat, ujar Pastor Orlando memberi penjelasan kepada Mgr. Agus.

Dua suster OFM dari Mexico berfoto bersama dengan Mgr. Agus

Hadir juga dalam pembicaraan santai ini, Paul C Pati (Pemred penakatolik.com), dan ibu-ibu dari negara Mexico yang menemani para pastor dan suster Mexico,  yaitu : Patrisia, Lili,  Gloria, dan Irene.

Paul

Informasi dan foto : Semz

Tinggalkan Balasan