Mgr. Hieronymus Bumbun OFMCap Terimakan Komuni Pertama Kepada 19 Anak Agar Siap Menjadi Pewarta Cilik Gereja.

Berdasarkan penanggalan liturgi pada hari Minggu kedua setelah Hari Raya Pentakosta, Gereja Katolik sejagat merayakan Hari Raya Tubuh Dan Darah Kristus (Corpus Christi). Perayaan Agung ini patut disyukuri karena menjadi kenangan yang hidup akan kasih Tuhan Yesus yang demikian besar kepada kita, sampai Ia mau wafat bagi kita.

Pernyataan bahwa Allah sungguh mencintai kita umatNya dikukuhkan oleh sabda Yesus sendiri “Barangsiapa makan daging-Ku dan minum darah-Ku, ia tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia. Sama seperti Bapa yang hidup mengutus Aku dan Aku hidup oleh Bapa, demikian juga barangsiapa yang memakan Aku, akan hidup oleh Aku.” (Yoh 6:56-57)

Misa syukur yang dipimpin oleh Uskup Emeritus Mgr. Hieronymus Herculanus Bumbun OFMCap bersama Pastor Leo Nojo OFMCap, Pastor Paroki dan Pastor Paulus Toni OFMCap, Formator para frater calon Imam Kapusin Pontianak.

Pada perayaan Hari Raya Tubuh dan Darah Tuhan ini, 19 anak menerima komuni pertama di Gereja Paroki Gembala Baik-Shenghie Pontianak dalam Misa syukur yang dipimpin oleh Uskup Emeritus Mgr. Hieronymus Herculanus Bumbun OFMCap bersama Pastor Leo Nojo OFMCap, Pastor Paroki dan Pastor Paulus Toni OFMCap, Formator para frater calon Imam Kapusin Pontianak.

Pastor Paulus Toni OFMCap dalam homilinya, mengingatkan kembali kepada seluruh umat yang hadir  bahwa Tubuh dan Darah  Kristus dalam ritus bukan hanya sekadar simbol saja, tetapi Tuhan sendiri yang hadir memberikan diriNya sebagai kurban yang hidup. “Ketika kita menerima komuni kudus berarti kita menerima Kristus yang membagikan diriNya, maka dari itu kita yang menerimaNya juga harus bersedia membagikan diri kita kepada sesama,” ungkapnya.

Seorang anak menerima komuni pertama dalam dua rupa-Tubuh dan Darah Kristus.

Dosen di STT Pastor Bonus asal Pontianak ini juga menyampaikan pesan kepada 19 anak yang menerima komuni untuk pertama kalinya, agar nantinya siap menjadi pewarta cilik dalam pelayanan gereja khususnya, yaitu menjadi putra-putri altar. Harapan serupa juga disampaikan oleh Pastor Paroki, Pastor Leo Nojo OFMCap. “Selamat kepada 19 anak yang telah menerima komuni pertama, saya berharap bahwa kalian siap diutus melayani gereja  sebagai putra-putri altar, petugas liturgi dan sebagainya, dan orangtua harus mendukung” ungkapnya.

By Sr. Maria Seba_Komsos KAP

Kredit Photo: Vincentius Dimas

Tinggalkan Balasan