Mgr. Agus : Apa yang kita anggap paling berharga, di situlah kita taruh fokus hidup kita

Hal itu dikatakan oleh Mgr. Agus terkait perikop Injil Matius 6:21 yang dibacakan pada Misa Penutupan Tahun Akademik dan Syukur Atas Selesainya Studi Teologi Para Frater Tingkat 2 STT Pastor Bonus Pontianak, Jumat (22/6/2018) di Kapel Sang Pamanih (Penabur).

Injil Matius 6:21 berbunyi : “Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada”. Mgr. Agus mengatakan, ada orang yang mengganggap harta, uang, kesenangannya/hobynya yang paling berharga, itu sebabnya mereka rela menghabiskan waktu demi memuaskannya.

Mgr. Agus pimpin misa penutupan Tahun Akademik di STT Pastor Bonus

“Bahkan banyak orang korupsi dan masuk penjara hanya karena demi uang dan keinginan menumpukkan harta,” ujar Mgr. Agus.

Dikatakan Mgr. Agus tidak salah kita bekerja untuk mendapatkan uang, harta atau untuk memuaskan kesenangan kita. Tapi janganlah itu semua sampai membuat kita meninggalkan sembahyang, bahkan hubungan pribadi kita dengan Tuhan.

Para Pastor yang ikut dalam misa

“Saya percaya Tuhan tidak memberikan kita pekerjaan supaya kita menjadi semakin jauh dari-Nya,” tegas Mgr. Agus.

Menurut Mgr. Agus, seorang Pastor dan calon-calon pastor pun, hendaknya merenungkan hal ini. Kepada apa atau siapa kita taruh fokus hidup kita hari ini. Apakah itu kepada Tuhan atau kepada hal-hal lain seperti uang, harta, atau kesenangan pribadi kita?

Kata Mgr. Agus, ketika kita sudah memilih bekerja untuk Tuhan, maka hal-hal lain itu bukan lagi menjadi prioritas atau hal yang utama untuk kita cari. Fokus bekerja untuk Tuhan menjadikan makin banyak orang yang percaya kepada Yesus, dan diselamatkan.

Pastor Edmund Nantes OP berikan bingkisan kepada Frater tingkat 2

“Sekali lagi saya tidak katakan hal-hal selain Tuhan itu salah. Yang saya maksud, jangan sampai kita meletakkan hal-hal tersebut lebih utama dibandingkan Tuhan. Jika kita menjadikan Tuhan sebagai ‘harta’ kita, percayalah kita tidak akan pernah dikecewakan,”tandas Mgr. Agus.

Pastor Gregorius CP berikan bingkisan kepada Frater tingkat 2

Hadir dalam misa itu Rektor Seminari Tinggi Antar Keuskupan Antonino Ventimiglia Pastor Edmund Nantes, OP, Rektor Sekolah Tinggi Teologi (STT) Pastor Bonus Pastor William Chang, OFMCap, para dosen dan staf, para anggota GOTAUS (Gerakan Orangtua Asuh untuk Seminari), para pastor, suster, dan umat dari beberapa paroki di kota Pontianak. Koor dalam misa dipersembahkan oleh Deo Cantemus, gabungan dari beberapa paroki.

Ibu Maria Phang (Komunitas Kerahiman Ilahi) berikan bingkisan kepada Frater tingkat 1

Usai misa seluruh yang hadir diajak untuk santap malam bersama di aula seminari. Sebelum makan, ada pemberian bingkisan oleh Mgr. Agustinus Agus, Pastor William Chang OFMCap, Pastor Edmund Nantes OP, Pastor Gregorius Sabinus CP, Pastor Aji Astono OFMCap, GOTAUS, Komunitas Kerahiman Ilahi kepada para frater tingkat 2 dan frater tingkat 1.

Paul

 

Tinggalkan Balasan