Asyiknya SalingTukar Cinderamata: Sederhana Namun Penuh Makna

Cinderamata atau souvenir adalah suatu benda yang identik dengan suatu event atau menunjuk kepada ciri khas daerah setempat. Cinderamata pada umumnya berbentuk sederhana, ringkas, mungil dan memiliki nilai artistik. Salah satu tujuan dari saling tukar cinderamata adalah sebagai sarana untuk mengingatkan kita tentang ciri khas suatu tempat, event khusus dan sosok seseorang yang memberi. Apalagi jika cendramata tersebut adalah pemberian dari orang lain rasanya sangat berbeda dan punya nilai tersendiri.

Indahnya saling memberi. Aksi tukar cinderamata peserta JAMNAS SEKAMI di Kampung Nazareth-Komplek persekolahan Suster.

Event akbar bernama JAMNAS SEKAMI 2018  pada hari kedua tanggal 4 Juli 2018 juga mengelar aksi saling tukar cinderamata yang telah dibawa oleh peserta dari masing-masing daerahnya. Aksi tukar cinderamata ini berlangsung di aula persekolahan Suster Pontianak dan dipandu oleh Pastor Barce. Romo pendamping di perkampungan Nazareth ini membagi peserta dalam beberapa kelompok. Setelah masuk dalam kelompok barulah mereka saling tukar cinderamata dengan kelompok lain. Ia berpesan bahwa apapun yang diberi harus dihargai dan bersyukur. “Bukan melihat isinya tetapi makna yang terkandung dalam pemberian itu. Sederhana namun penuh makna,” ungkapnya kepada peserta.

Saling tukar Cinderamata yang bertujuan untuk mengingatkan kita tentang ciri khas suatu tempat, event khusus dan sosok seseorang yang memberi.

Levi, peserta asal Keuskupan Surabaya mengatakan bahwa penukaran cinderamata ini bertujuan untuk saling mengingat satu sama lain, karna pernah saling memberi dan tahu apa ciri khas dari tiap daerah yang menjadi peserta JAMBORE NASIONAL 2018.

Apalagi jika cendramata tersebut adalah pemberian dari orang lain rasanya sangat berbeda dan punya nilai tersendiri.

 

By: Cessnia

 

Tinggalkan Balasan