Lomba Batutur Kitab Suci Ramaikan BKSN 2018 di Paroki St. Fidelis Sungai Ambawang

Ada yang unik pada perayaan pembukaan Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2018 di Paroki Santo Fidelis Sungai Abawang. Selain menyuguhkan berbagai gelaran tahunan seperti lomba kuis Kitab Suci, Mazmur, mewarnai ada pula lomba yang baru pertama kali dilaksanakan di Paroki ini yaitu lomba Batutur Kitab Suci. Menurut ketua panitia, Yuvenus lomba Batutur Kitab Suci ini adalah lomba dimana para peserta mengutif salah satu peristiwa yang ada di Kitab Suci kemudian menceritakannya dengan menggunakan bahasa daerah setempat. “Lomba Batutur Kitab Suci ini baru pertama kali dilaksanakan sebagai bentuk ungkapan iman sekaligus ungkapan cinta akan budaya,”pungkasnya. Kegiatan yang mengusung tema “Mewartakan Kabar Gembira Dalam Kemajemukan” ini diikuti oleh 17 stasi. Hadir pula para OMK yang tergabung dalam komunitas Ikatan Pemuda Dayak Kubu Raya (IPDKR), perkumpulan Bapak Katolik, Wanita Katolik, Sekami, dan OMK.

Umat Paroki St. Fidelis Sungai Ambawang antusias mengikuti prosesi perarakan Kitab Suci.

Pembukaan BKSN 2018 dibawakan dalam misa yang dipimpin oleh Pastor paroki Lukas Ahon CP. Misa pembukaan diawali dengan perarakan Kitab Suci mulai dari rumah adat Sungai Ambawang menuju Gereja Santo Fransiskus Assisi stasi Lingga. Perarakan Kitab Suci tahun ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan oleh umat Paroki Santo Fidelis Sungai Ambawang. “Ide prosesi perarakan Kitab Suci ini muncul dari umat dan tentunya ini merupakan acara yang  membanggakan bagi mereka,”ungkap Pastor Lukas CP.

Turut memeriahkan BKSN 2018: OMK yang tergabung dalam komunitas Ikatan Pemuda Dayak Kubu Raya (IPDKR), dan OMK Paroki Santo Fidelis Sungai Abawang.

Pastor Kepala Paroki Santo Fidelis Sungai Abawang ini berharap semoga dengan merayakan BKSN, umat semakin mencintai Kitab Suci dan berani mewartakan kabar sukacita yang disampaikan di dalam Kitab Suci. “Harapan saya bahwa umat jangan hanya menjadi pendengar saja tapi juga pelaku Firman Allah yang perlu diwujudkan dalam tutur kata melalui hidup kita” Ujarnya.

Pastor Kepala Paroki Santo Fidelis Sungai Abawang, P. Lukas Ahon CP

Harapan senada juga datang dari ketua DPP, Aloysius. Ia berharap bahwa BKSN 2018 sebagai kesempatan untuk tetap menjaga keharmonisan antar umat sehingga saling mendukung dalam pelayanan. “Mari kita jadikan BKSN sebagai ruang studi bagi kita dan juga kesempatan bagi kita untuk memperbaharui hidup dalam terang sabda Tuhan,”ungkapnya. Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah dan makan siang bersama.

By. Alex, OMK Paroki Santo Fidelis Sungai Abawang

Tinggalkan Balasan