Mgr. Agustinus Agus Pr Meresmikan Paroki Mater Dolorosa Jelimpo, Paroki Baru Ke-27 KAP

Pada tanggal 14 september 2018 yang lalu, Mgr. Agustinus Agus Pr telah meresmikan Paroki baru yang diberi nama Paroki Mater Dolorosa Jelimpo. Kehadiran paroki baru yang berasal dari pemekaran Paroki Salib Suci Ngabang Keuskupan Agung Pontianak ini dipercayakan kepada Para Imam Ordinis Servorum Mariae/Ordo Hamba-Hamba Maria (OSM). Kehadiran Paroki baru ini menambah jumlah Paroki yang ada di wilayah Keuskupan Agung Pontianak yang semula ada 26 kini menjadi 27 Paroki.

Hadir dalam seremonial pemberkatan Paroki baru Bupati Landak, dr. Margret Natasya.

Selain acara pendedikasian Paroki baru, Mgr. Agustinus Agus juga memberkati Pastoran baru tempat tinggal para Imam OSM. Uskup Agus mengatakan bangga, karena umat turut mendukung berdirinya Pastoran dan Paroki di Kecamatan Jelimpo ini. “Harapan saya semoga umat di sini semakin dewasa dalam Iman dan hidup menggereja,”ungkap Monsinyur.

Hadir dalam seremonial ini Bupati Landak, dr. Margret Natasya dan P. Miguel M. Delgado OSM, Perwakilan OSM Indonesia. Dalam sambutannya, P. Miguel mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pendedikasian Paroki baru ini dan mempercayakan Ordo Hamba-Hamba Maria untuk berkarya di situ, secara khusus kepada Mgr. Agus, para Bruder MTB dan Para Suster SFIC.

Ritual penyambutan secara adat, tarian khas adat Dayak untuk mengiringi rombongan Mgr. Agus, Bupati Landak, dr. Margret Natasya, para imam, suster, bruder dan seluruh umat yang hadir.

“Terima kasih banyak kami ucapkan kepada Bruder MTB dan para Suster SFIC yang bersedia menjamu dan memberikan penginapan kepada kami ketika pertama kali kami menginjakkan kaki ke Pontianak,”ungkapnya. Katanya lagi, “Para bruder MTB dan Suster SFIC ini telah membantu kami untuk bisa bertemu dengan Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus,”ungkap P. Miguel.

Seremonial pemberkatan Paroki dan Pastoran yang baru ini dihadiri sebanyak 800 umat yang datang dari berbagai tempat dan stasi. Mereka turut berpartisipasi mendukung terselenggaranya kegiatan ini dengan memasang  4 tenda di kiri dan kanan Gereja. Partisipasi para OMK guna memeriahkan acara ini juga tampak dalam  seremoni pembukaan. Ada 11 penari dengan gerakan tarian khas adat Dayak setempat untuk mengiringi rombongan Mgr. Agus, Bupati Landak, dr. Margret Natasya, para imam, suster, bruder dan seluruh umat yang hadir.

Dari kiri; P. Meriko OFMCap, Pastor Paroki Salib Suci Ngabang, Mgr. Agustinus Agus Pr dan P. Orlando, Pastor Paroki Mater Dolorosa Jelimpo.

Pastor Orlando OSM, selaku Pastor Kepala Paroki Mater Dolorosa Jelimpo dalam sambutannya menjelaskan mengenai situasi lingkungan Paroki Jelimpo secara demografis. “Ada 8 lingkungan, 63 Stasi yang terbagi dalam 11 wilayah,”ujar P. Orlando.

Profiat untuk Paroki Mater Dolorosa Jelimpo.

 

By. Semz

Tinggalkan Balasan