Fri. Nov 15th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Ibu Bumi Sedang Sakit, Hidup Ekologis adalah Cara Menjaga Ibu Bumi Tetap Sehat

Demikian ungkap Kristien Yuliarti aktivis lingkungan hidup dari Komunitas Omah Hijau ketika menjadi pembicara dalam kegiatan bincang-bincang seputar Eco Green di Paroki Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak Kamis, (25/10/2018).

Umat Paroki Keluarga Kudus Kota baru yang ikut dalam kegiatan bincang-bincang seputar Eco Green

Hadir sebanyak 25 orang  umat dan juga Pastor Fransiskus Kebry CM yang dalam beberapa waktu belakangan ini terus aktif memberikan perhatian khusus untuk lingkungan hidup.

Kristien mengatakan, “Kalau ditanya bumi sedang sakit, ya jelaslah saya merasakan. Karena sekarang semakin banyak timbunan sampah, air semakin tercemar, jadi saya harus mengatakan bahwa bumi kita benar-benar sakit.”

Kristien Yuliarti – aktivis lingkungan hidup dari Komunitas Omah Hijau

Kristien mengungkapkan umat Paroki Keluarga Kudus beruntung karena pastor-pastornya memberikan perhatian untuk lingkungan hidup sehingga bisa menyelenggarakan acara seperti ini.

Kristien Yuliarti adalah seseorang yang menerapkan hidup ekologis. “Hidup ekologis itu adalah hidup yang tidak menambah penderitaan ibu bumi.” Kata wanita berkacamata ini.

Pastor Fransiskus Kebry CM – memberi perhatian khusus untuk lingkungan hidup

Kristien melanjutkan, banyak hal harus kita pikirkan tentang pola hidup kita, apakah bisa menambah pencemaran atau menambah penderitaan ibu bumi.

“Itu menjadi pondasi ketika kita mau mulai hidup ekologis.” kata Kristien.

“Kita tidak mungkin pindah ke planet lain kan? Dan bahkan kita akan terus hidup di bumi ini sampai anak cucu kita. Hidup ekologis itu mau mempertahankan agar generasi kita tetap mendapatkan ibu bumi yang tetap sehat.” Kata Kristien Yuliarti.

“Hidup ekologis adalah sebuah proses menuju bumi yang sehat.” Kata Yuda, OMK Keluarga Kudus yang hadir diacara itu.

Pastor Kebry juga mengatakan bahwa hidup ekologis itu adalah hidup yang selaras dengan alam, tidak lagi menjadikan alam sebagai sumber daya yang diambil terus-menerus.

“Alam kita jadikan rekan hidup.” ungkap Pastor Kebry CM

“Saya bisa merasakan bumi kita sedang sakit. Cuaca mulai tidak jelas, sekarang kita merasakan suhu di Pontianak yang semakin panas, bencana di mana-mana dan masih banyak lagi.” ungkap Pastor Kebry CM.

Lantas, seberapa penting menjalani pola hidup ekologis?

Ibu bumi sudah memberikan banyak hal indah untuk kita, maka berilah perhatian pada ibu bumi, lanjutnya.

Olin – OMK Paroki Keluarga Kudus Kota Baru Ptk    

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak