Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

LIONS CLUB

Motto: We Serve- Kami Mengabdi

Acara Lions Charity Funwalk pada tanggal 11 November 2018 dengan kupon seharga seratus ribu rupiah (Rp. 100.000), dan bagi siapa yang membeli kupon ini, secara otomatis telah berpartisipasi untuk menolong mereka yang memiliki penyakit Diabetes, Pelestarian Lingkungan Hidup, Menghilangkan Kelaparan, Berbagi Penglihatan, dan Kanker Anak.

Acara mulai pada jam 05.30 dengan penukaran kupon yang telah dibeli dengan bingkisan yang berisi kipas tangan dan makanan ringan. Kurang lebih pada jam 06.00 pagi, strat jalan dari lokasi acara (Taman Budaya Pontianak) menuju tiga titik dan setiap orang yang melintasi titik itu akan diberikan centang pada kipas sampai pada garis finis. Sejenak, mari kita lihat profil singkat mengenai apa sih Lions itu?

APA DAN SIAPA LIONS ?

Lions adalag organisasi pengabdian / pelayanan para relawan untuk masyarakat. Didirikan di Amerika Serikat pada tahun 1917 dengan nama The International Association of Lions Clubs (Lions Clubs International) yang memiliki perwakilan di PBB. Di Indonesia, Lions sudah mengabdi melayani masyarakat yang kurang beruntung sejak 18 November 1969 dengan nama Lions Club of Djakarta (Lions Club Jakarta Host) dan pada tanggal 1 Juli 1975 Lions Clubs Indonesia didirikan di Jakarta. Dan terhitung Tgl 30 April 2013, Badan Hukum Perkumpulan Lions Indonesia MD 307 disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM berdasarkan Keputusan Menteri Hukum Dan HAM RI Nomor AHU-82.AH.01.07.Tahun 2013, tanggal 30 April 2013.

Lions adalah akronim dari Liberty, Intelligence, Our Nations, Safety yang mengandung arti Kebebasan, Kecerdasan (untuk) Keselamatan Bangsa Kita.

Di dalam lingkungan organisasi nirlaba di mana saja, para Lion dikenal sebagai anggota masyarakat yang selalu peduli dan siap melayani berbagai kepentingab masyarakat setempat, masyarakat suatu negara dan masyarakat dunia. Para Lion ini adalah pribadi-pribadi yang berasal dari berbagai lingkungan profesi, bangsa dan agama yang peduli terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Di tingkat lokal, para Lion bergabung dalam suatu Lions Club. Di Indonesia, seluruh Lions Club yang ada bergabung dalam Perkumpulan Lions Indonesia MD 307. Di tingkat International, semua Lions Club bergabung dalam Lions Clubs International yang berkantor pusat di Oakbrook, Illinois, Amerika Serikat.

MANFAAT MENJADI LIONS ?

Melalui Lions Club, Anda dapat :

  1. Memperoleh kepuasan karena dapat membantu sesama yang memerlukan bantuan.
  2. Melayani lebih efektif dan lebih banyak warga masyarakat yang membutuhkan bantuan daripada Anda melakukannya seorang diri.
  3. Memperoleh lebih banyak sahabat dari berbagai latar belakang kehidupan, yang memiliki kesamaan minat.
  4. Meningkatkan jaringan kerja Anda.
  5. Mengembangkan potensi kepemimpinan Anda lewat berbagai jenjang jabatan yang tersedia di dalam Club, Distrik dan International.
  6. Kesempatan mengembangkan bakat kepemimpinan dengan mengikuti pelatihan (Leadership Training)
  7. Menjadi bagian dari organisasi yang tidak terikat pada keagamaan, politik dan kesukuan/kebangsaan dan hanya dalan satu tujuan yaitu melayani sesama manusia
  8. Memiliki akses utk merintis dan membina hubungan dan kerjasama dengan 1,4 juta anggota Lions yang tersebar disekitar 210 negara atau negara bagian.
  9. Sebagai seorang Lion Anda akan membuat hidup lebih baik untuk sesama. Sementara memperkaya hidup Anda sendiri dalam proses itu, Anda dapat membuat suatu perbedaan.

KEANGGOTAAN ?

Setiap orang yang dewasa dimuka hukum, baik Pria maupun Wanita yang memiliki kepribadian yang baik dan reputsi yang terpuji di dalam masyarakat dapat manjadi anggota Lions Club. Keanggotaan di dalam Lions Club hanya dapat diperoleh berdasarkan undangan.

APA KEWAJIBAN ANGGOTA LIONS CLUB?

 Seorang anggota Lion Clubs:

  • Diharapkan dapat menyisihkan waktu untuk menghadiri rapat anggota /pertemuan berkala Club sekurang-kurangnya 1 kali dalam satu bulan dan mengikuti kegiatan pengabdian kumpul dana club.
  • Diwajibkan membayar iyuran Club, yang ditetapkan oleh club masing-masing.
  • Mentaati Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Lions Clubs Indonesia & Lions Clubs Internasional.
  • Menjunjung tinggi Tujuan dan Kode Etik Lions Club.

IURAN

Setiap anggota membayar iuran kepada Club dimana dia menjadi anggota. Selanjutnya Club membayarkan iuran anggota ke Distrik dan International.

Iuran yang ditarik setiap Club tidak sama besarnya, tergantung pada keputuan Rapat Anggota Club yang bersangkutan.

VISI LIONS CLUBS

To be the global leader in community and humanitarian service, artinya Menjad pemimpin global dalam rangka pelayanan masyarakat dan kemanusiaan,

MISI LIONS CLUBS

To empower volunteers to serve their communities, meet humanitarian needs, encourage peace and promote international understanding through Lions clubs, artinya ; Memberdayakan para relawan untuk melayani masyarakat mereka memenuhi berbagai kebutuhan kemanusiaan, mendorong tercapainya perdamaian dan mempromosikan saling pengertian antar bangsa melalui Lions Clubs.

5 FOCUS UTAMA PROGRAM KEGIATAN PELAYANAN LIONS

Setiap Lions Club merencanakan dan melaksanakan aneka proyek sosial dan kemanusiaan. Pengabdian tersebut merupakan bagian dari kegiatan pokok Lionisme. Masing-masing club dapat memilih masing-masing proyek spesifik yang tergolong kegiatan pokok seperti yang diuraikan secara singkat dibawah ini:

Diabetes

Tahukah anda bahwa WHO, Organisasi kesehatan Dunia mendapati terjadinya peningkatan hampir 4 kali lipat penderita diabetes diseluruh Dunia sejak tahun 1980 dan Indonesia menempati peringkat ke-7 Dunia dengan 10 juta pasien penderita diabetes.

Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307 B1 berperan aktif dalam menanggulangi peningkatan jumlah penderita diabetes dengan cara melakukan:

Diabetes Screening, Tujuan skrining diabetes adalah untuk mengidentifikasi pasien asimmtomatik yang mungkin menderita diabetes dan tidak mengetahuinya. Skrining diabetes dapat membantu mendeteksi pradiabetes serta diabetes.

  • Seminar Penyuluhan dan penanggulangan Diabetes
  • Konsultasi dan melaksanakan kegiatan senam Diabetes.
  • Environment (Pelestarian Lingkungan Hidup)

Meningkatkan kesadaran tentang isu-isu lingkungan yang timbul saat ini untuk mengambil tindakan dengan perencanaan kegiatan atau menjalankan proyek yang memobilisasi anggota club untukmembuat perbedaan dengan melindungi lingkungan.

  • Hunger (Menghilangkan Kelaparan)

Membangun keluarga dan masyarakat yang lebih kuat dengan menyelenggarakan gerakan memberi makan atau proyek pengabdian untuk membantu memberi makan orang yang lapar.

  • Vision (Berbagi Penglihatan)

Memimpin perang melawan kebutaan. Membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya penglihatan yang sehat dan penyebab hilangnya penglihatan dengan kegiatan perencanaan atau, mengatur proyek yang memobilisasi anggota club di komunitasnya dengan membantu orang-orang yang hidup dengan kebutaan dan gangguan penglihatan.

CHILDHOOD CANCER (KANKER ANAK)

Anak-anak adalah hadiah bagi dunia, namun setiap dua menit seorang anak didiagnosis menderita kanker dan kurang dari separuh anak-anak di dunia yang memiliki akses ke perawatan yang efektif. Anak-anak yang selamat dari kanker sering dibiarkan dengan efek yang melemahkan yang dapat memperngaruhi perembangan fisik mereka dan kemampuan untuk belajar.

Itulah sebabnya Lions dan Leos menjawab panggilan untuk memperluas perawatan dan dukungan untuk anak-anak penderita kanker kesempatan kedua dalam hidup.

KEGIATAN LAINNYA

Selain 5 Focus utama diatas Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307 B1 juga turut meringankan penderitaan saudara-saudara kita yang terkena bencana alam seperti gempa bumi, kebakaran bencana banjir dan bencana lainnya yang terjadi di tanah air.

Perkumpulan Lions Indonesia Distrik 307 B1 bekerja sama dengan Kementrian Kesehatan melaksanakan Vaksinas Campak & Rubela di sekolah-sekolah dan Puskesmas sejak tahun 2017 sampai sekarang.

Bagaimana? Apakah anda tertarik dengan Lions Club?

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang perkumpulan Lions Indonesia, kunjungi www.lionsclubs307b1.org atau kunjungi Pusat Pelayanan Masyarkat Lions Indonesia (PPMLI) di Jl. Pluit Timur Raya Kav. B-2, Jakarta Utara.

HUBUNGI : PERKUMPULAN LIONS INDONESIA DISTRIK 307 B1 Gedung PPMLI, Jl. Raya Pluit Timur Kav. B-2- Jakart 14450 dengan Telp. 021-660-6291/2,6629167 dan Fax 021-6629168, Email: district307b1gmai.com.

Semz

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *