Jl. Arif Rahman Hakim No.92 Pontianak email@kap.or.id +62 561 732382

Bantu Umat Benahi Gereja, OMK Paroki Pahauman Adakan Bakti Sosial di Stasi Sanurian

Salah satu peran serta umat Katolik khususnya Orang Muda Katolik (OMK) dalam kegiatan menggereja adalah keterlibatannya dalam kehidupan sosial masyarakat. Ungkapan rasa solidaritas dan keberpihakkan terhadap saudara-saudari yang memerlukan uluran kasih tersebut perlu diwujudkan melalui perbuatan nyata dalam kehidupan sehari-hari.

OMK Paroki St. Yohanes Pemandi Pahauman bergotong-royong membantu umat di Stasi Sanurian mengecat dinding gereja.

Bentuk solidaritas dan keberpihakan tersebut hendaknya juga disertai dengan  sikap belas kasih akan kendala masyarakat dalam usaha pembangunan gereja sebagai umat maupun gereja sebagai bangunan. Semangat cinta kasih serta kepedulian terhadap sesama ini menggugah hati OMK Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman untuk mengadakan Bakti Sosial di Gereja Santo Petrus Stasi Sanurian,Wilayah Betung Pulai. Kegiatan  yang  mengusung semangat “OMK Mari Berbagi” ini diadakan pada hari Minggu, 18 November 2018 dan diikuti oleh 100 OMK termasuk para pembina yang meliputi lima wilayah, diantaranya adalah  Sekilap, Sebadu, Betung Pulai, Pahauman, dan Tumahe.

Gereja Santo Petrus Stasi Sanurian Paroki Pahauman.

Menurut Sr. Agata SFIC, kegiatan yang merupakan program tahunan OMK Paroki Pahauman ini bertujuan agar OMK dapat berpartisipasi dalam pengembangan iman umat.  “Semoga melalui kegiatan ini Orang Muda Katolik menyadari peran dan perutusan mereka sebagai warga gereja dan memiliki sikap peduli terhadap kebutuhan umat di Paroki Pahauman secara khusus kebutuhan umat di Stasi,”ungkap Suster Agata selaku pembina OMK Paroki Pahauman. Biarawati Kongregasi SFIC ini  juga mengungkapkan bahwa Gereja di Stasi Sanurian ini  belum memiliki sarana yang memadai. Masih banyak kekurangan salah satunya adalah belum ada kursi dan altar. Keprihatinan inilah yang membuat OMK tergerak hatinya untuk bergotong-royong membantu umat di Stasi Sanurian.

Adapun agenda  bakti sosial yang dilakukan  di Stasi Sanurian ini adalah membantu umat membersihkan lingkungan sekitar gereja dan mengecat dinding gereja. Mereka membawa peralatan sendiri seperti kuas, kain lap, dan ember. Salah satu OMK yang mengikuti bakti sosial yakni Gius mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dan solidaritas OMK terhadap gereja-gereja yang baru dibangun atau dalam proses renovasi. “Semoga bakti sosial ini dapat membangun mental OMK untuk berjiwa sosial dan mampu berinteraksi dengan umat khususnya umat yang membutuhkan uluran tangan,”ungkap Gius.

By. Pricilia Grasela OMK Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: