Fri. Nov 15th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Tunjukkan Sikap Toleransi dan Saling Menghargai Keberagaman, Gubernur Sutarmidji Beserta Forkompimda Sapa Umat Katolik di Malam Natal 2018

Natal 2018, menjadi hal yang special  bagi umat Katolik yang mengikuti Perayaan Ekaristi Malam Natal pada Misa I. Sebelum berkat penutup, Gubernur Kalbar Sutarmidji beserta Forkompimda   (Gubernur, Kapolda, Pangdam dan juga Walikota) hadir menyapa umat di Paroki Santo Yosef Katedral Pontianak, Senin (24/12/2018).

Uskup Agustinus Agus sambut hangat kedatangan Gubernur, Sutarmidji beserta Forkompimda di Ruang Tamu Keuskupan, Senin (24/12/2018)

Kedatangan yang tidak diduga ini sontak disambut hangat oleh Uskup Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus dan juga oleh ribuan umat Katolik yang malam itu memadati gereja Katedral Pontianak. Bahkan umat berdesak-desak ingin berfoto dan bersalaman dengan orang nomor satu di Kalbar ini.

“Inilah contoh sikap toleransi dan saling menghargai keberagaman yang ditunjukkan oleh Forkompimda. Kunjungan ini sangat menyejukkan masyarakat,”ujar salah satu umat Katolik  yang malam itu ikut misa di Katedral Pontianak dan sempat berselfi dengan Pak Gubernur.

Kepada media, Gubernur Sutarmidji  mengatakan kedatangannya kali ini adalah dalam rangka memastikan perayaan Natal berlangsung dengan nyaman dan damai.

Gubernur Kalbar Sutarmidji saat menyapa umat Katolik di Gereja Katedral Paroki Santo Yosef Pontianak, Senin (24/12/2018)

“Sebagai Gubernur, saya merasa berkewajiban memberikan rasa aman bagi seluruh umat beragama yang merayakan hari raya keagamaannya. Kehadiran saya beserta Forkompimda di gereja Katedral  dan nanti ke juga beberapa gereja yang ada di kota Pontianak ini adalah untuk memastikan Perayaan Natal 2018 terlaksana dengan aman, nyaman, dan damai ,” tandas Sutarmidji.

Sutarmidji menyatakan juga tentang peran penting seluruh pihak untuk tidak menjadikan keberagaman sebagai alat perpecahan, melainkan untuk membentuk satu kesatuan yang kuat.

“Saat kita bersatu, maka negara akan kuat. Keberagaman pasti ada, bukan cuma di negara kita, tapi diseluruh dunia juga saling beragam. Dengan keberagaman ini, harusnya kita jadikan sebagai alat untuk menjadikan sebuah satu kesatuan yang kuat,” jelasnya.

Uskup Agus saat diwawancarai awak media terkait kunjungan Gubernur, Sutarmidji ke Katedral Pontianak

Sutarmidji meyakinkan serta berjanji akan terus menjaga keberagaman masyarakat. Saling menghormati dan bekerja sama.

“Selaku gubernur, saya akan selalu berada disemua lapisan masyarakat, dan akan terus menjaga masyarakat tetap beriringan dalam keberagaman,” tegasnya.

Uskup Agung Keuskupan Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus, sangat menyambut baik kunjungan yang dilakukan Gubernur Kalbar beserta jajarannya. Uskup Agus mengatakan kunjungan tersebut merupakan bukti bahwa Pemprov Kalbar di bawah kepemimpinan Sutarmidji, tidak pilih kasih terhadap agama tertentu.

“Saya rasa kalau tokoh-tokoh turun seperti ini, dampaknya terhadap masyarakat sangat besar. Saya rasa ini bukti nyata bahwa pemerintah tidak mau membeda-bedakan dan misi pemerintah adalah bersatu dalam kebhinnekaan. Ini contoh yang sangat bagus,” tandasnya.

Antusias umat Katolik dan awak media mengabadikan kehadiran Gubernur Kalbar, Sutarmidji beserta Forkompimda di Katedral Pontianak

Sebelum meninggalkan gereja Katedral, Sutarmidji tak lupa menyampaikan ucapan selamat merayakan Natal 2018 kepada seluruh umat Katolik di Kalbar.

Selanjutnya rombongan melanjutkan kunjungan ke gereja lain di kota Pontianak, termasuk juga Gereja Katolik Paroki Keluarga Kudus Kota Baru Pontianak.

Paul M – NM

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak