Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

19 Tahun Tahbisan Episkopal Mgr. Agus

Hari ini, tanggal 6 Februari 2019 genap 19 tahun Uskup Agung Keuskupan Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus menjalani tugas pengembalaannya sebagai seorang Uskup.

Tanggal 6 Februari tahun 2000  yang silam,  saat usianya telah menjangkau 50 tahun, Tahta Suci Vatikan lewat tangan Kardinal Julius Darmaatmaja, SJ, mentahbiskan dirinya menjadi Uskup Keuskupan Sintang.

Mgr. Agustinus Agus – Uskup Agung Keuskupan Agung Pontianak

“19 tahun yang lalu saat saya ditahbiskan menjadi seorang Uskup, sehari kemudian adalah perayaan Imlek. Dan hari ini, setelah sehari merayakan Imlek, saya merayakan 19 tahun tahbisan Episkopal saya,” ujar Mgr. Agus disela-sela kegiatan penerimaan novis, kaul perdana dan pembaruan kaul saudara-saudara muda SMFA.

Mendengar hal ini, sontak Pastor John Rustam, yang ikut dalam konselebrasi para imam dalam perayaan Ekaristi mengambil inisiatif untuk secara sederhana merayakan Ulang Tahun Tahbisan Episkopal Mgr. Agus.

Mgr. Agus meniup lilin Ulang Tahun Tahbisan Episkopal ke-19

Bersama Suster Muthia SMFA, Pastor John Rustam menyiapkan Kue Ulang Tahun sederhana yang sudah dipasang lilin. Sederhana, karena tidak diduga dan terpikirkan semula kalau hari ini adalah Ulang Tahun Tahbisan Episkopal Mgr, Agus yang ke-19.

Bahkan Doa umat dalam Perayaan Ekaristi pun ditambahkan seketika itu juga yang ujudnya mendoakan Ulang Tahun Tahbisan Episkopal Mgr Agus. Usai Perayaan Ekaristi, dan setelah doa makan, dilakukan prosesi peniupan lilin Ulang Tahun.

Dalam prosesi ini Pastor John Rustam berinisiatif mengajak semua hadir untuk menyanyikan lagu “Happy Birthday” dilanjutkan dengan lagu “Panjang Umur”.

Mgr. Agus memberikan potongan Kue Ultah ke Sr. Kristina

Selanjutnya, lilin ditiup dan kue Ulang Tahun dipotong. Mgr. Agus memberikan potongan kue Ulang Tahun kepada Pimpinan Umum SMFA, Suster Kristina Unau, SMFA.

“Doakan saya, supaya mampu menjadi gembala yang baik dalam mengembalakan umat di Keuskupan Agung Pontianak, “ucap Mgr. Agus.

Seluruh yang hadir lalu diajak makan bersama.  Setelah menyantap makanan sejenak Mgr, Agus beranjak mohon pamit. Beliau tidak bisa hadir lama dalam kegiatan itu dikarenakan harus berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Rapat Keuangan KWI (CF/DSAK).

PM

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *