Jl. Arif Rahman Hakim No.92 Pontianak email@kap.or.id +62 561 732382

Uskup Agus, Beri Beasiswa S2 Kepada Lulusan Terbaik STKIP Pamane Talino

Ada yang mengharukan saat wisuda III STKIP Pamane Talino Ngabang beberapa waktu lalu (30/1/2019). Lulusan terbaik, Efrika Siboro dengan berurai air mata menceritakan sekilas bagaimana perjalanannya berjuang untuk dapat terus kuliah dan menyelesaikannya hingga memperoleh peringkat Cumlaude (IPK 3,83) dari Program Studi Bahasa Inggris.

Efrika Siboro – Lulusan terbaik STKIP Pamane Talino Ngabang pada wisuda III (30/1/2019)

Tidak pernah terpikir oleh Efrika Siboro bisa menyelesaikan kuliah apalagi sampai memperoleh predikat lulusan terbaik, jika melihat kondisi keluarganya yang broken home. Tahun 2011, ayahnya meninggal karena bunuh diri dan di tahun 2017 ibunya juga meninggal karena kecelakaan.

Efrika Siboro saat prosesi wisuda

“Kami menghabiskan biaya hampir 200 juta untuk pembayaran administrasi rumah sakit,” ujarnya dengan suara yang terbata-bata karena menahan tangisan.

Ketiadaan biaya serta pikiran yang kacau membuatnya putus asa. Kondisi ini sempat membuat dirinya berpikir untuk berhenti kuliah. Tapi Tuhan sangat baik. Tuhan memberikan sesuatu yang tidak pernah ia duga sebelumnya. Dirinya diterima bekerja di Panwas Kabupaten Landak sebagai Staff Potensial.

Efrika Siboro diberitahu akan memperoleh beasiswa S2

Jika dipikirkan, dirinya tidak mempunyai pengalaman dan skill di bidang itu. Namun karena kerja keras dan kebaikan Tuhan, ia mendapatkan semua pengalaman itu, sehingga boleh membantu kakaknya untuk membiayai kebutuhan kuliah.

Di sisi lain, lanjut Efrika Siboro, Tuhan juga memberikan sahabat-sahabat yang begitu luar biasa yang selalu membantu dan mendukungnya.

“Menjadi yang terbaik adalah keinginan semua orang, tapi ada hal yang lebih penting dari sekedar skor yang tinggi atau gelar lulusan terbaik. Semua itu tidak akan berarti tanpa attitude dan skill yang baik dari seseorang,” ujar Efrika Siboro.

Usai memberikan sambutannya, Efrika Siboro langsung mendapat tawaran untuk mengajar di sekolah. Tawaran itu tidak lantas langsung dijawabnya, namun Efrika Siboro mengatakan, kalau ada kesempatan dan peluang, dirinya ingin menjadi seorang dosen dan mengabdi di almamater ini. (baca : STKIP Pamane Talino)

Keinginan Efrika Siboro langsung disambut baik oleh Uskup Agus sebagai Ketua Pembina Yayasan Landak Bersatu yang menaungi STKIP Pamane Talino Ngabang. Dan untuk melancarkan jalannya menjadi dosen, Uskup Agus memberikan beasiswa S2 kepada Efrika Siboro.

Menurut Uskup Agus, beasiswa S2 yang diberikan kepada Efrika Siboro sebagai bentuk motivasi kepada mahasiswa yang lain, bahwa kalau mereka memiliki prestasi yang baik tentu peluang untuk mendapatkan beasiswa S2 tetap terbuka.

Efrika Siboro, nantinya akan melanjutkann S2 bahasa Inggris sesuai dengan programnya saat di S1. Efrika Siboro akan berkuliah di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta sebagai bentuk kerjasama yang sudah disepakati dengan STKIP Pamane Talino Ngabang.

PM – Foto Arjun

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: