Wed. Nov 20th, 2019

Keuskupan Agung Pontianak

Instarare Omnia in Christo

Bangun Gereja Baru, Umat dan OMK Paroki Pahauman Adakan Kerja Bakti

Sebagai umat Katolik yang memiliki hakekat bersekutu, bersatu dan bersaudara, tentu memiliki tugas dan peranan yang sama dalam hidup menggereja. Kerjasama yang baik itu perlu dibina dalam aneka kegiatan yang ada di gereja.

Keterlibatan umat dalam kehidupan sosial menggereja yang dilakukan berdasarkan rasa solidaritas dan kepedulian tersebut tidak hanya sebatas niat di dalam hati saja, melainkan  perlu diwujudkan melalui aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Baru-baru ini umat Paroki  Santo Yohanes Pemandi Pahauman bersama 60 Orang Muda Katolik mengadakan Kerja bakti mengangkut dan membersihkan sisa material pembongkaran Gereja Katolik Santo Yohanes Pemandi Pahauman yang lama pada hari Minggu, 3 Februari 2019.

Bentuk kepedulian umat Paroki Pahauman terhadap usaha pembangunan Gereja yang mengusung semangat “Gotong Royong dan Saling Membantu” ini diawali dengan doa pembukaan yang dipimpin oleh Pastor Paroki St. Yohanes Pemandi Pahauman, Pastor Oktavianus G, OFMCap.

Setelah itu, umat bekerja sama dengan OMK mengangkut kayu dan batu sisa pembongkaran bangunan Gereja, membersihkan sampah, dan menarik besi menggunakan bantuan tali. Kayu yang telah diangkut tersebut dikumpulkan dan dipindahkan ke dalam truk untuk disimpan di Asrama Desa Putra.

Hadir pula dalam aksi gotong-royong ini, Pastor moderator OMK Paroki Pahauman, Yoseph Ekatom OFMCap, dan Suster pembina asrama putri asuhan para suster SFIC, Sr. Rufina SFIC yang turut membantu umat dan OMK membersihkan sisa material tersebut.

Menurut P. Oktavianus OFMCap, kegiatan ini tidak hanya diwujudkan  melalui sumbangan dalam bentuk material saja, tetapi umat juga dapat menyumbangkan tenaga dan waktu sebagai bentuk partisipasi aktif mereka.

“Usaha pembangunan ini merupakan ide dan rencana yang diputuskan bersama antarumat di Paroki Pahauman, oleh karena itu keterlibatan umat sangat dibutukan demi kelancaran pembangunan gereja ini,”ungkapnya.

Kerja bakti umat dan OMK Paroki Pahauman ini berlangsung dari pukul 13.00 Wib hingga pukul 17.00 wib. Sesudah melaksanakan kerja bakti, umat dan OMK beristirahat sejenak sambil menikmati suguhan kue dan minuman sembari memperbincangkan program kegiatan selanjutnya terkait pembangunan gereja Paroki yang baru. “Semoga pembangunan Gereja Paroki yang baru dapat berjalan dengan lancar,” demikian harapan mereka.

 

By. Pricilia Grasela, OMK Paroki Santo Yohanes Pemandi Pahauman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

© 2019 Keuskupan Agung Pontianak